3 Sumber Dana Hizbullah Lebanon

3 Sumber Dana Hizbullah Lebanon

Global | okezone | Minggu, 20 Oktober 2024 - 09:47
share

JAKARTA - Perdana Menteri sementara Lebanon, Najib Mikati akhir bulan lalu mengumumkan bahwa dia akan bertemu dengan negara-negara donor untuk mencari tambahan dana bagi krisis pengungsian yang semakin meningkat di Lebanon, seiring dengan ratusan ribu orang yang melarikan diri dari serangan udara Israel yang meluas.

"Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menutupi kekurangan. Seperti yang saya katakan kemarin, ini bukan proses yang mudah," kata Mikati pada 1 Oktober, mengumumkan bahwa dia akan meminta donor untuk memberikan dana kepada Lebanon melalui Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dilansir dari The Guardian.

Menurut Nasser Yassin, Menteri Lingkungan Hidup sementara dan Kepala Sel Krisis Pemerintah, diperkirakan donor akan memberikan lebih dari USD450 juta. Yassin mengatakan jumlah ini harus cukup untuk memenuhi kebutuhan mendesak dari krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung di Lebanon, meskipun dia mencatat bahwa dana tambahan mungkin diperlukan untuk upaya rekonstruksi setelah pertempuran antara Hizbullah dan Israel berhenti.

Pemimpin sementara Hizbullah, Naim Qassem, mengumumkan dalam sebuah pidato bahwa kelompok tersebut akan melanjutkan perang mereka melawan Israel. Meskipun begitu, Hizbullah kini juga mengalami kekurangan dana akibat serangan Israel di Lebanon.

Lantas dari mana Hizbullah mendapatkan dana yang selama ini digunakan untuk mendukung semua operasinya? Berikut beberapa sumber keuangan kelompok tersebut, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Sumber Keuangan Hizbullah:

  1. Al-Qard al-Hasan (AQAH)

AQAH adalah lembaga keuangan semi-resmi yang didirikan oleh Hizbullah pada 1982 untuk memberikan pinjaman tanpa bunga kepada warga Lebanon yang membutuhkan, terutama dari komunitas Syiah. Lembaga ini beroperasi tanpa izin resmi dari pemerintah, dan menurut para peneliti dari Amerika Serikat (AS) dan Lebanon, serta laporan dari Departemen Keuangan AS, AQAH telah menjadi sumber utama Hizbullah.

Menurut Pusat Informasi Intelijen dan Terorisme Meir Amit Israel atau ITIC, kelompok penelitian non-pemerintah dari veteran komunitas intelijen Israel, AQAH memiliki banyak cabang, terutama di Dahiyeh, wilayah yang dikuasai Hizbullah di selatan Beirut. Namun, setelah serangan udara Israel pada bulan September, banyak cabang AQAH hancur, menyebabkan krisis keuangan bagi Hizbullah.

 

Sebelumnya, Departemen Keuangan AS pernah memberikan sanksi terhadap AQAH pada tahun 2007. Dalam pengumuman sanksi lebih lanjut terhadap karyawan AQAH pada tahun 2021, mereka menyebutkan bahwa lembaga tersebut telah mengumpulkan sekitar setengah miliar dolar.

Dalam laporan berbahasa Arab tanggal 30 September 2024, MTV Lebanon mengatakan bahwa serangan udara Israel telah menargetkan pusat penyimpanan uang Hizbullah, termasuk sebagian besar brankas AQAH, sehingga meninggalkan kelompok tersebut dalam krisis keuangan.

Hilal Khashan, profesor ilmu politik di Universitas Amerika di Beirut, mengatakan dalam wawancara telepon pada hari Rabu bahwa Israel telah menghancurkan sebagian besar cabang AQAH dalam serangan udara tersebut.

"Hizbullah menghadapi masalah keuangan yang sangat serius. Mereka tidak dapat membayar anggota yang telah melarikan diri dari rumah dan perlu memberi makan keluarga mereka," kata Khashan.

Pengumuman Departemen Keuangan pada tahun 2021 tentang sanksi terhadap enam karyawan AQAH menyebutkan bahwa mereka telah menggunakan rekening pribadi di bank-bank Lebanon yang berlisensi untuk mentransfer lebih dari USD 500 juta ke dan dari AQAH selama dekade sebelumnya. Mereka menyebutkan bahwa aktivitas tersebut memberi AQAH akses ke sistem keuangan internasional melalui rekening pribadi karyawan di bank-bank Lebanon.

  1. Bank Komersial di Lebanon

Hizbullah juga mendapatkan dana dari bank-bank komersial di Lebanon yang berlisensi, meskipun banyak di antaranya berada dalam kondisi bangkrut.

Pengumuman Departemen Keuangan pada tahun 2021 tentang sanksi terhadap enam karyawan AQAH menyebutkan bahwa mereka telah menggunakan rekening pribadi di bank-bank Lebanon yang berlisensi untuk mentransfer lebih dari USD500 juta ke dan dari AQAH selama dekade sebelumnya, sehingga memberikan AQAH akses ke sistem keuangan internasional.

David Asher, mantan pejabat Pertahanan dan Departemen Luar Negeri AS, mengatakan bahwa kelompok tersebut mengalami masalah besar karena kehilangan akses ke sistem perbankan Lebanon.

"Saya mendengar dari bankir Lebanon, termasuk yang mendanai Hizbullah, bahwa banker terkaya Lebanon yang mampu terbang telah melarikan diri ke Eropa dan Teluk, karena takut menjadi target berikutnya oleh Israel karena membantu Hizbullah," kata Asher. Dia menyatakan bahwa dia berhubungan dengan sumber-sumber yang berbasis di Lebanon yang telah direkrut oleh AS selama bertahun-tahun untuk memberikan informasi tentang Hizbullah.

 

"Para bankir Lebanon ini, kebanyakan dari mereka milyarder, melihat bahwa angin berhembus melawan Hizbullah, jadi mereka tidak akan membiarkan Hizbullah menarik jutaan dolar dari bank mereka, yang masih memiliki uang meskipun secara hukum terlihat bangkrut," kata Asher. "Mereka tahu bahwa jika mereka melakukannya, Israel kemungkinan akan mengeliminasi mereka juga," tambahnya.

  1. Pengiriman Uang Melalui Pesawat

Sumber pendanaan Hizbullah lainnya adalah pengiriman uang dengan pesawat dari Iran, yang biasanya dilakukan melalui penerbangan ke bandara Beirut.

Juru Bicara Militer Israel, Daniel Hagari, mengatakan pada 27 September 2024 bahwa pesawat tempur Israel mulai mengawasi ruang udara di bandara Beirut. Mereka tidak akan membiarkan pesawat yang dianggap bermusuhan dan membawa senjata mendarat di bandara tersebut. Namun, dia tidak membahas soal pengiriman uang yang mungkin juga terjadi pada penerbangan yang dianggap bermusuhan itu.

Keesokan harinya, Kementerian Transportasi Lebanon memberitahu media Lebanon dan Barat bahwa mereka telah memerintahkan pesawat Iran yang menuju Beirut untuk menjauh dari ruang udara Lebanon. Kementerian tersebut mengaitkan langkah tersebut dengan peringatan Israel kepada menara pengontrol lalu lintas udara Beirut bahwa Israel akan menggunakan kekuatan jika pesawat tersebut mendarat di sana.

"Saya mendengar dari rekan-rekan Israel saya bahwa Iran takut mengirim uang ke Lebanon sekarang karena Israel mengancam akan menargetkan penerbangan ke Beirut. Israel memperingatkan bahwa mereka akan menargetkan penerbangan yang membawa uang, bukan hanya senjata," kata Asher.

Khashan juga mengatakan bahwa kurangnya pendapatan Hizbullah tidak mungkin menghentikan ribuan anggotanya untuk melawan pasukan Israel dalam waktu dekat. "Melanjutkan pertempuran lebih tergantung pada ketersediaan makanan dan amunisi," katanya. "Ketika perjuangan Anda dimotivasi oleh semangat agama, Anda memiliki masalah yang lebih mendasar untuk diperhatikan selain ketersediaan uang," tambahnya.

Topik Menarik