Kapal Selam Terbukti Rusak Sebelum Penyelaman yang Gagal ke Bangkai Titanic

Kapal Selam Terbukti Rusak Sebelum Penyelaman yang Gagal ke Bangkai Titanic

Global | okezone | Jum'at, 20 September 2024 - 10:11
share

LONDON - Penyelidikan publik melaporkan bahwa kapal selam yang meledak dalam perjalanan mematikan menuju bangkai kapal Titanic, ternyata telah mengalami malfungsi beberapa hari sebelum penyelaman terakhirnya pada tahun lalu. Kejadian ini menewaskan kelima orang di dalamnya.

Mantan direktur ilmiah OceanGate, perusahaan di balik kapal selam Titan, Steven Ross mengatakan pada Kamis (19/9/2024) bahwa insiden tersebut telah menyebabkan penumpang terguling-guling dan kapal menabrak sekat, meninggalkan satu penumpang tergantung terbalik dan yang lainnya berpegangan.

Ross menambahkan bahwa dia tidak tahu apakah lambung kapal Titan diperiksa untuk mengetahui kerusakan setelah kejadian tersebut. Penyelidikan Penjaga Pantai AS sedang mendengarkan bukti selama dua minggu mengenai Titan, yang meledak pada bulan Juni 2023.

Ross mengatakan bahwa kru pendukung membutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk mengeluarkan kapal selam dari air setelah malfungsi beberapa hari sebelum perjalanan terakhirnya.

Sebelumnya pada Kamis (19/9/2024), seorang anggota misi di atas kapal pendukung kapal selam tersebut menggambarkan saat menyaksikan kru dan penumpang berangkat menuju bangkai kapal Titanic pada bulan Juni lalu.

"Saya melihat lima orang tersenyum dalam perjalanan menuju tempat mereka. Mereka sangat senang berangkat, itulah kenangan yang saya miliki," terang Renata Rojas, yang bergabung dalam ekspedisi tersebut sebagai sukarelawan saat bersaksi. Rojas, yang berada di kapal pendukung permukaan, mengatakan semuanya"berjalan sangat lancar sebelum kapal selam tersebut mulai turun.

 

Namun, ia mengatakan kepada penyelidik bahwa ia ingat kehilangan komunikasi. "Kami belum mendengar kabar dari mereka, di mana mereka?,” ujarnya.

Rojas mengatakan kepada penyelidik bahwa ia adalah "asisten platform" pada hari penyelaman. Ledakan Titan menimbulkan pertanyaan mengenai keselamatan dan desain kapal selam tersebut, serta bahan-bahan yang digunakan dalam konstruksinya. Penyelidikan awal minggu ini mengungkap pesan terakhir yang dikirim dari kapal selam saat kapal itu turun menuju Titanic, dengan kru menyatakan semuanya baik-baik saja beberapa menit sebelum ledakan dahsyat itu.

Rojas mengatakan dia berada di anjungan kapalnya sendiri saat komunikasi terputus, dan protokol penyelamatan menyarankan untuk menunggu selama satu jam karena para penumpang mungkin menghabiskan waktu ekstra untuk menjelajahi tujuan mereka.

Percakapan kemudian berubah saat kapal selam itu gagal muncul kembali. Rojas mengatakan dia teringat percakapan di anjungan tentang menelepon Penjaga Pantai.

"Kami masuk ke 'mode siap'," katanya.

Dia mengatakan ada sejumlah opsi penyelamatan yang tersedia jika kapal selam itu terjebak di dasar laut, termasuk memulai manuver pelepasan atau menunggu air pasang berubah. Titan memiliki 96 jam alat bantu kehidupan di dalamnya.

Topik Menarik