Ekspansi Angkatan Laut China Berlanjut di Pangkalan Ream Kamboja

Ekspansi Angkatan Laut China Berlanjut di Pangkalan Ream Kamboja

Global | sindonews | Jum'at, 20 September 2024 - 10:34
share

Laporan Radio Free Asia (RFA) mengungkap bahwa China akan menyediakan dua kapal perang kepada Angkatan Laut Kamboja, sebuah dermaga yang mampu menampung kapal induk, dan fasilitas lain di pangkalan pesisir.

Mengutip laporan dari Mekong News, Jumat (20/10/2024), sekitar 100 personel Angkatan Laut China telah bekerja tanpa kenal lelah di fasilitas Angkatan Laut Ream di Teluk Thailand dalam mempersiapkannya untuk serah terima, yang diperkirakan akan dilakukan akhir bulan ini.

Pangkalan tersebut, yang dibangun dan didanai sepenuhnya oleh China, tetap terlarang bagi karyawan Kamboja.

Laporan EurAsian Times tidak dapat memverifikasi klaim tersebut secara independen. Pada Februari lalu, EurAsian Times melaporkan kemajuan pembangunan pangkalan tersebut, berdasarkan citra satelit yang dianalisis oleh analis pertahanan Tom Shugart.

Baca Juga: China Siapkan Hadiah 2 Kapal Perang untuk Kamboja, Apa Tujuannya?

Pada Januari 2024, bagian utara pangkalan itu memiliki banyak bangunan, jalan, dan fondasi. Tangki bahan bakar yang besar mengindikasikan potensi penggunaan oleh kapal-kapal China.

Laporan mengenai dermaga kapal induk telah beredar selama lebih dari setahun, dan pembaruan tahun lalu menunjukkan bahwa dermaga tersebut hampir selesai. Klaim ini didukung oleh foto-foto dari Black Sky, sebuah perusahaan pencitraan komersial asal Amerika Serikat (AS) yang melacak konstruksi tersebut.

Foto-foto dari Juli 2023 menunjukkan dermaga di Pangkalan Angkatan Laut Ream yang hampir selesai dibangun, mirip dengan yang digunakan militer China di Djibouti. Hal ini mendukung laporan dari RFA.

Fasilitas dermaga dan dok kering seukuran kapal induk di Ream akan memperluas kehadiran Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA-N) China di Teluk Benggala, yang berpotensi menggeser keseimbangan kekuatan regional.

Kehadiran Militer China di Indo-Pasifik

Beberapa analis meyakini bahwa China dan Kamboja mungkin telah mencapai kesepakatan, memberikan Angkatan Laut China akses istimewa ke pangkalan baru tersebut dengan imbalan kapal perang dan fasilitas Angkatan Laut yang signifikan. Sejauh ini, pangkalan tersebut menolak hak istimewa untuk berlabuh kepada kapal-kapal dari Barat.

Jika kecurigaan ini benar, kapal-kapal militer China bisa berlabuh di Kamboja dalam waktu dekat.

Baca Juga:Citra Satelit Pangkalan AL di Kamboja Ungkap Kebohongan China

Selama kunjungan ke pangkalan tersebut, seorang reporter RFA mengamati dua kapal perang PLAN berlabuh di dermaga baru, dekat area yang sedang dibangun. Reporter tersebut juga mencatat adanya bangunan-bangunan baru, serta truk dan alat derek yang terlibat dalam pekerjaan konstruksi.

EurAsian Times melaporkan bahwa kapal perang China telah berlabuh di Kamboja selama beberapa minggu. Kapal-kapal tersebut pertama kali tiba pada awal Desember tahun lalu.

Pada bulan April, citra satelit menunjukkan bahwa kapal-kapal tersebut tetap berada di pangkalan tersebut selama lima bulan sebelumnya, sehingga meningkatkan kekhawatiran tentang kehadiran militer China secara permanen.

Menurut laporan RFA, kedua kapal perang tersebut, yang diidentifikasi sebagai korvet rudal Tipe 056A milik PLA-N (nomor lambung 630 dan 631), dan fasilitas baru akan diserahkan kepada Angkatan Laut Kamboja.

Sejak Desember, militer China telah melatih personel Angkatan Laut Kamboja untuk mengoperasikan kapal-kapal tersebut.

Kamboja bersikukuh bahwa PLA-N China tidak menggunakan fasilitas Ream sebagai pangkalan militer, namun hal ini tidak mengurangi kekhawatiran di kalangan musuh China, terutama Amerika Serikat (AS).

Meski Kamboja menyangkal rencana memberikan akses kepada PLA-N China, AS menyatakan kekhawatiran dan mengeluarkan peringatan tentang potensi pengembangan Ream sebagai fasilitas militer pertama China di Indo-Pasifik. Sementara itu, kerja sama antara Kamboja dan China diam-diam meningkat.

Sejarah Kolaborasi China-Kamboja

Berlokasi strategis di dekat pintu masuk Teluk Thailand, fasilitas Ream telah lama berfungsi sebagai pintu gerbang bagi Angkatan Laut Kamboja ke Laut China Selatan dan sekitarnya.

Hal itu telah menimbulkan kekhawatiran di negara-negara Barat dan di antara negara-negara pesaing China, yang khawatir pangkalan tersebut pada akhirnya akan menjadi pos terdepan Angkatan Laut China karena perluasannya dengan bantuan China.

Jalur pelayaran Selat Malaka dapat menjadi titik hambatan signifikan dalam konflik yang melibatkan Amerika Serikat dan sekutu regionalnya. Akses ke Pangkalan Angkatan Laut Ream akan mendukung operasi angkatan laut Beijing di wilayah ini.

Dalam konflik di Laut China Selatan, China dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk memblokir Selat Malaka, sehingga menghambat bala bantuan bagi musuh-musuhnya.

Armada China yang besar dibatasi oleh kurangnya jaringan pangkalan global dan dukungan logistik. Oleh karena itu, Beijing bertujuan untuk membangun Angkatan Laut perairan biru yang beroperasi penuh untuk operasi di seluruh dunia, dengan Indo-Pasifik menjadi lokasi paling strategis untuk fasilitas-fasilitas ini.

Hal ini akan memungkinkan Beijing memproyeksikan kekuatan Angkatan Laut-nya secara lebih efektif di seluruh Indo-Pasifik dan sekitarnya, sehingga memberikan kebebasan dan kemampuan yang lebih besar kepada PLA-N di perairan yang jauh.

Pemerintah AS telah memperingatkan bahwa pangkalan Angkatan Laut Ream diam-diam diubah menjadi pangkalan militer luar negeri kedua China setelah Djibouti.

China dan Kamboja memiliki sejarah panjang kolaborasi militer, yang baru-baru ini disoroti oleh latihan bersama mereka.

Pihak berwenang Kamboja menegaskan bahwa perkembangan terkini di Ream hanyalah upaya meningkatkan kemampuan militer mereka.

Konstitusi Kamboja melarang menampung pangkalan asing, namun AS dan negara-negara di sekitar Laut China Selatan terus memantau situasi tersebut.

Topik Menarik