Kartu Prakerja Bisa Angkat Kelas Menengah yang Turun Kelas? Keputusan di Tangan Prabowo

Kartu Prakerja Bisa Angkat Kelas Menengah yang Turun Kelas? Keputusan di Tangan Prabowo

Terkini | okezone | Kamis, 3 Oktober 2024 - 09:18
share

JAKARTA - Pemerintah siapkan program Prakerja untuk mendorong supaya warga kelas menengah tidak terus menurun. Di mana ada 9,48 juta warga kelas menengah Indonesia turun kelas dalam lima tahun terakhir.

“Kita sudah siapkan berbagai terobosan kebijakan supaya tidak terjadi penurunan kelas menengah, tapi juga mendorong supaya kelas menengah ini juga mulai naik," ujar Sekretaris Kemenko Susiwijono Moegiarso, di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024).

Susiwijono mengatakan bahwa pemerintah terus mendorong program-program yang mendukung kelompok ini, termasuk program Prakerja. Di mana akan ada program yang berhubungan langsung dengan isu-isu ketenagakerjaan dan membantu meningkatkan kesejahteraan kelas menengah.

Di sisi lain, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian mendorong agar prpgram Kartu Prakerja dapat berlanjut di pemerintahan mendatang.

Namun demikian, keputusan ini tetap ada di tangan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

"Semuanya sangat relevan dan mestinya sangat positif untuk kita keberlanjutannya. Tetap saja nanti kita akan di pemerintahan baru kita berharap harap dilanjutkan dan keputusan akhir tetap ada di pemerintahan baru," jelasnya.

Diungkapkan Susi, keberlanjutan program Kartu Prakerja ini sejalan dengan capaian yang diperoleh selama lima tahun program ini berjalan. Hal itupun tertuang berdasarkan Riset Presisi Indonesia (2021) yang menemukan bahwa penerima perempuan Prakerja mengalami peningkatan pendapatan sebesar 33 persen lebih tinggi dibanding non-penerima perempuan.

Topik Menarik