Masyarakat Singapura Ngamuk Mats Deijl Diklaim Keturunan Malaysia: Negara Tukang Klaim Segalanya!

Masyarakat Singapura Ngamuk Mats Deijl Diklaim Keturunan Malaysia: Negara Tukang Klaim Segalanya!

Terkini | okezone | Rabu, 2 Oktober 2024 - 15:17
share

MASYARAKAT Singapura nganuk Mats Deijl diklaim keturunan Malaysia. Mereka lalu menuding tetangganya itu negara tukang klaim segalanya!

Hal ini menyusul rilis resmi dari Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) yang menjelaskan jika proses naturalisasi pemain Go Ahead Eagles, Mats Deij, ditolak. Penyebabnya adalah karena terbentur oleh regulasi FIFA soal proses naturalisasi.

Seperti diketahui, FIFA hanya mengizinkan seorang pemain berganti kewarganegaraan dan membela negara lain apabila memiliki darah keturunan ke 1 atau 2 alias paling jauh adalah dari kakek dan neneknya.

Akan tetapi dalam kasus Mats Deijl, pemain berusia 27 tahun itu memiliki darah keturunan Malaysia dari buyutnya yang merupakan garis keturunan keempat. Hal inilah yang akhirnya membuat proses naturalisasinya ditolak oleh FIFA.

“Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menginformasikan bahwa Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah memastikan pemain klub Go Ahead Eagles asal Belanda, Mats Deijl belum lolos persyaratan kelayakan untuk bergabung dengan skuad Harimau Malaya,” tulis FAM dalam rilis resminya dikutip Okezone, Rabu (2/10/2024).

“Pasalnya, berdasarkan dokumen yang terlampir, diketahui pemain berusia 27 tahun itu hanya memiliki darah Malaysia melalui nenek moyangnya dan bukan melalui kakek dan neneknya sebagaimana diatur dalam ketentuan FIFA,” sambung tulisan tersebut.

Namun yang menarik, dalam rilis resmi tersebut, Deijl justru bukan dijelaskan memiliki darah Malaysia. Akan tetapi, darah buyutnya itu justru adalah orang yang lahir di Singapura. Namun FAM berdalih jika saat buyutnya lahir, Singapura masih bagian dari Malaysia.

Topik Menarik