Ridwan Kamil Keliling Kota Tua, Perkenalkan Konsep Wisata Kota Global 

Ridwan Kamil Keliling Kota Tua, Perkenalkan Konsep Wisata Kota Global 

Terkini | okezone | Rabu, 25 September 2024 - 03:35
share

JAKARTA - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut satu, Ridwan Kamil berkeliling di seputaran Kota Tua, Jakarta Barat untuk menyapa dan bercengkerama bersama warga, wisatawan, maupun tour guide di kawasan tersebut. Ia juga menyempatkan duduk bersama dan mendengarkan berbagai masukan dari sekelompok tour guide yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI).

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil memaparkan tentang konsep kota global di mana geliat perekonomian kota ditopang dengan kontribusi dari masyarakatnya sendiri, termasuk potensi ekonomi yang besar dengan mengoptimalkan potensi pelancong lokal dan warga setempat. 

“Bicara pariwisata, tentunya ada wisatawan dari luar daerah dan luar negeri. Tapi jangan lupakan ada juga pelancong lokal dan warga setempat. Dengan beberapa penyesuaian, aktivitas ekonomi di kawasan Kota Tua ini bisa lebih menggeliat lagi,” paparnya. 

 

Menambah pohon serta mengatur lalu-lalang kendaraan bermotor di seputaran kawasan tak hanya menambah keteduhan dan mengurangi polusi udara, tapi juga mendorong area Kota Tua menjadi landmark yang setara dengan kota-kota besar di Eropa, ujar mantan orang nomor satu di Jawa Barat tersebut.

Pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) juga akan mempertimbangkan untuk membuka kampus yang berdekatan dengan kawasan Kota Tua guna memperkokoh aktivitas ekonomi warga setempat.

“Sebagai salah satu strategi menuju kota global, universitasnya kita pilih yang berkaitan dengan ekonomi kreatif. Mungkin kampus musik, film, kuliner, atau kampus digital. Kita sudah telaah, ada beberapa lahan kosong yang bisa dibuat hunian, sehingga mahasiswa bisa tinggal di sini, dekat ke kampus jadinya enggak bikin macet, dan mereka bisa nongkrong di kafe dan warung sini,” pungkas Kang Emil.

Topik Menarik