AC <i>Inverter</i>, Pilihan Cerdas untuk Kontribusi pada Keberlanjutan

AC Inverter, Pilihan Cerdas untuk Kontribusi pada Keberlanjutan

Terkini | okezone | Senin, 23 September 2024 - 13:00
share

Jakarta-Isu sustainability atau keberlanjutan sudah bukan menjadi masalah mikro yang hanya dipikirkan oleh sebagian kelompok masyarakat. Di samping perubahan iklim ekstrem yang kian terasa, survei McKinsey & Company Amerika pada tahun 2019 juga menunjukkan bahwa 66 persen konsumen, termasuk 75 persen generasi milenial, mengungkap bahwa mereka betul-betul memerhatikan keberlanjutan saat akan berbelanja.

Di Indonesia, hasil dari riset dengan topik serupa bahkan memperoleh angka yang lebih tinggi. Kantar Sustainability Foundation Study, sebuah lembaga survei asal Inggris, menemukan bahwa 72 persen konsumen di kota-kota besar, terutama Jakarta, mempertimbangkan keberlanjutan ketika berbelanja—setidaknya satu kali dalam hidupnya.

Solusi Pendingin Ruangan yang Dapat Mendukung Keberlanjutan

Kebimbangan tersebut mungkin akan semakin terasa ketika konsumen perlu membeli barang elektronik, yang secara tidak langsung berkontribusi pada pemanasan global, untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Air conditioner (AC) atau pendingin ruangan, misalnya, dinilai menyumbang sekitar 4 persen gas rumah kaca secara global.

Akan tetapi, kemajuan teknologi telah berhasil menciptakan inovasi untuk pendingin ruangan yang ramah lingkungan dan mendukung kontribusi Anda pada keberlanjutan. Inovasi tersebut bernama inverter.

AC Inverter dan 5 Caranya Berkontribusi pada Keberlanjutan

Mengutip dari situs resmi DAIKIN, inverter adalah teknologi hemat energi yang mampu menghilangkan pemborosan pada AC melalui pengontrolan kecepatan kompresor secara efisien. 

Dulunya, atau pada AC non-inverter, kompresor selalu bekerja pada kapasitas penuh dan perubahan suhu dalam ruangan akan disesuaikan dengan cara mematikan dan menghidupkan kompresor. Proses ini ternyata menghabiskan lebih banyak energi listrik, terlebih bila AC dinyalakan sepanjang hari.

Pada AC inverter, kecepatan kompresor dapat disesuaikan dengan kebutuhan pendinginan ruangan tanpa mematikan dan menghidupkan kembali komponen tersebut. Alhasil, AC dengan inverter dapat menghemat pemakaian listrik hingga 50 persen setiap bulannya.

Selain itu, AC inverter juga dapat menjadi pilihan cerdas Anda untuk berkontribusi pada keberlanjutan, sebab AC inverter dapat:

1. Mengurangi jejak karbon

Hasil analisis Total Equivalent Warming Impact (TEWI) menunjukkan bahwa AC inverter dapat menghemat 49 persen emisi CO?. Pun jika dibandingkan dengan AC non-inverter, penghematan konsumsi listrik AC inverter dapat mencapai 44 persen.

2. Memiliki umur pakai yang panjang

Mengingat kompresor AC inverter tidak sering dimatikan dan dinyalakan, umur pakainya cenderung lebih panjang. Rata-rata umur pakai untuk pendingin ruangan tipe ini adalah 12 sampai 15 tahun, sementara AC non-inverter memiliki rata-rata umur pakai 7 sampai 10 tahun. Kendati demikian, perawatan rutin juga menyumbang umur pakai produk pendingin ruangan.

3. Memberikan efisiensi energi yang lebih tinggi

Office of Energy Efficiency & Renewable Energy Amerika Serikat mengartikan efisiensi energi AC sebagai rasio kapasitas pendinginan terhadap input daya. Semakin tinggi rasio yang didapat sebuah pendingin ruangan, maka semakin efisien energi-lah perangkat tersebut. AC inverter dengan daya rendah bisa memiliki rasio efisiensi energi 85–90 persen, sedangkan produk terbaiknya dapat memiliki rasio efisiensi energi hingga 96 persen.

4. Mengurangi polusi suara

Sistem kerja efisien kompresor pada AC inverter juga berkontribusi pada pengurangan polusi suara. Hal ini penting, mengingat polusi suara merupakan salah satu faktor penurun kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat—yang seharusnya naik apabila mengedepankan aspek keberlanjutan.

5. Menggunakan refrigeran yang lebih ramah lingkungan

Mayoritas AC inverter, termasuk AC DAIKIN Inverter, menggunakan refrigeran R32, yang memiliki rasio efisiensi energi lebih tinggi dibandingkan dengan R22 dan R410A; dua jenis refrigeran yang banyak digunakan pada AC non-inverter. Oleh karena itu, AC inverter memiliki potensi lebih rendah dalam kontribusi pada pemanasan global.

Sebagai salah salah satu perusahaan pelopor produk AC, DAIKIN selalu berkomitmen untuk mengembangkan teknologi hemat energi dan terus berinovasi sesuai dengan kebutuhan pasar. Selama lebih dari 50 tahun, DAIKIN konsisten menghadirkan produk berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi dan perkembangan zaman. 

DAIKIN Inverter yang menjadi salah satu produk unggulan DAIKIN dapat menjadi pilihan cerdas bagi Anda yang ingin berkontribusi pada keberlanjutan. DAIKIN Indonesia memiliki suku cadang terjamin dan layanan purnajual yang andal. Tim profesional DAIKIN Indonesia selalu memberikan yang terbaik demi kepuasan pelanggan.

Topik Menarik