Kisah Perjalanan Karier Eliano dan Tijjani Reijnders, sang Adik Pilih Timnas Indonesia, Kakak Bela Timnas Belanda

Kisah Perjalanan Karier Eliano dan Tijjani Reijnders, sang Adik Pilih Timnas Indonesia, Kakak Bela Timnas Belanda

Terkini | okezone | Kamis, 12 September 2024 - 13:00
share

KISAH perjalanan karir Eliano Reijnders dan Tijjani Reijnders menarik untuk diulas. Sebab dua kakak beradik ini memilih jalan yang berbeda dimana sang adik memilih Timnas Indonesia, sedangkan sang kakak membela Timnas Belanda.

Seperti diketahui, ketua umum PSSI, Erick Thohir resmi mengumumkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sebagai dua calon pemain naturalisasi tambahan untuk Indonesia. Keduanya secara resmi diumumkan lewat akun instagram pribadi sang Menteri BUMN yang dengan cepat menjadi kabar gembira untuk Indonesia.

Bergabungnya Mees Hilgers dan juga Eliano Reijnders tentunya akan semakin menambah kekuatan skuad garuda. Terlebih, pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini, Indonesia berada di grup neraka. Tentu dengan bertambahnya kekuatan, Indonesia akan semakin yakin menatap Piala Dunia.

Namun dibalik euforia datangnya amunisi tambahan untuk skuad Shin Tae-yong, ada kisah unik yang menyelimuti naturalisasi Eliano Reijnders. Sebab, dengan dirinya yang memilih membela Indonesia, maka ia akan memiliki jalan yang sangat berbeda dengan sang kakak, Tijjani Reijnders.

Ya, Eliano Reijnders adalah adik kandung dari gelandang andalan AC Milan, Tijjani Reijnders. Keduanya memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ibu yang merupakan orang Maluku.

Nama Tijjani sebelumnya lebih dulu didekati oleh PSSI untuk dinaturalisasi. Hal ini wajar mengingat sang pemain memiliki riwayat karir yang terbilang mentereng. Tercatat, gelandang berusia 26 tahun itu pernah membela sederet klub papan atas Eredivisie.

Mulai dari FC Twente, PEC Zwolle, RKC Waalwijk, AZ Alkmaar, hingga saat ini membela AC Milan di Serie A. Sayangnya, sang pemain menolak untuk membela garuda lebih memilih untuk membela Timnas Belanda. Pada ajang EURO 2024 lalu, ia bahkan menjadi pilar andalan bagi skuad Van Oranje yang berhasil menembus semifinal.

Topik Menarik