5 Fakta Jokowi Teken Surat Pengunduran Diri Risma, Bakal Ada Reshuffle Kabinet 

5 Fakta Jokowi Teken Surat Pengunduran Diri Risma, Bakal Ada Reshuffle Kabinet 

Nasional | okezone | Sabtu, 7 September 2024 - 06:15
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken surat pengunduran diri Tri Rismaharini dari jabatannya sebagai Menteri Sosial.

Pengunduran diri Risma dari Mensos, dikarenakan wanita kelahiran Kediri 20 November 1961 itu akan mencalonkan bakal gubernur (bagub) Jawa Timur di Pilkada 2024. Berikut sejumlah faktanya:

1. Surat Pengunduran Diri Risma Sudah Diteken Jokowi

"Sudah, sudah mengajukan pengunduran diri," kata Jokowi usai kunjungi Pasar Soponyono, Surabaya, Jumat (6/9/2024).

Jokowi juga mengaku sudah menandatangani surat pengunduran diri Risma tersebut. "Dan sudah saya tandatangani pengunduran dirinya," kata Jokowi.

2. Mundur dari Mensos Pilihan yang Baik

Presiden Jokowi buka suara terkait Tri Rismaharini yang menyatakan bakal mundur dari jabatan Menteri Sosial karena mencalonkan diri sebagai calon gubernur provinsi Jawa Timur.

Menurut Jokowi, alasan mundur sebagai menteri untuk maju Pilgub dinilai pilihan yang baik.

"Ya itu lebih baik," kata Jokowi dalam keterangannya.

Meski begitu, Jokowi menyebut bahwa tidak aturan yang mewajibkan seorang menteri harus mundur dari jabatannya saat mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

"Tapi kalau tidak kan aturannya memang juga tidak apa-apa. Memperbolehkan," kata Jokowi.

3. Jokowi Restui Risma Maju di Pilgub Jatim

Jokowi menyebut dalam pertemuan itu, Risma membicarakan soal pencalonan dirinya sebagai calon gubernur provinsi Jawa Timur.

"Berkaitan dengan pencalonan Bu Risma untuk calon gubernur di provinsi Jawa Timur," kata Jokowi dalam keterangannya.

Saat dikonfirmasi mengenai restu untuk Risma, Jokowi hanya menjawab mengizinkan kader PDIP itu untuk maju Pilgub Jawa Timur.

"Ya saya izinkan," kata Jokowi.

4. Jokowi Tunjuk Muhadjir Effendy jadi Plt Mensos

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana tugas (Plt) Menteri Sosial. Penunjukan Muhadjir tersebut usai Tri Rismaharini secara resmi mengundurkan diri.

"Pada hari ini, tanggal 6 September 2024, telah diterbitkan Keppres No. 100/P Tahun 2024 tentang pemberhentian dengan hormat, Ibu Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Jumat (6/9/2024).

Ari menjelaskan bahwa Keppres tesebut merupakan tindak lanjut dari permohonan pengunduran Tri Rismaharini sebagai Mensos yang telah disetujui oleh Presiden Jokowi.

Ari juga mengungkapkan bahwa permohonan pengunduran diri Risma terkait pencalonan dan pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Jawa Timur.

"Presiden juga menunjuk Bapak Muhadjir Effendy, Menko PMK, sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang dan Tanggungjawab Mensos sampai diangkatnya Mensos definitif," ungkapnya.

5. Jokowi Beri Sinyal Reshuffle Kabinet

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa dirinya bakal melakukan perombakan atau reshuffle kabinet dalam waktu dekat. Hal tersebut menyusul kedua bawahannya yang mengundurkan diri untuk mengikuti Pilkada 2024.

Kedua bawahannya itu antara lain Tri Rismaharini yang mengundurkan diri dari Menteri Sosial dan Pramono Anung yang mengundurkan diri dari Sekretaris Kabinet.

"Ya bisa (reshuffle dalam waktu dekat)," kata Jokowi usai meresmikan flyover Djuanda, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024).

Terkait Pramono Anung, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa telah menerima surat pengunduran diri yang bersangkutan dari jabatannya sebagai Sekretaris Kabinet.

Meski begitu, Jokowi mengaku belum menandatangani surat pengunduran diri dari Pramono.

"Sudah juga (mengundurkan diri). Tapi belum saya tandatangani," kata Jokowi.

Topik Menarik