Pemerintah Ajak Masyarakat Jelajahi Budaya Nusantara Melalui Indonesia Bertutur

Pemerintah Ajak Masyarakat Jelajahi Budaya Nusantara Melalui Indonesia Bertutur

Nasional | okezone | Jum'at, 2 Agustus 2024 - 19:31
share

JAKARTA –  Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), akan menggelar Festival Indonesia Bertutur 2024 di Bali. Rangkaian acara akan dimeriahkan oleh 900 pelaku seni dan budaya, baik nasional maupun internasional.

Pelaksanaan Indonesia Bertutur 2024 terdiri dari 9 program utama yang berfokus di 3 lokasi yang berbeda di Bali, pada tanggal 7-18 Agustus 2024.

 “Indonesia Bertutur merupakan upaya untuk menggali mahakarya seni serta budaya Nusantara dengan penjelajahan artistik para seniman Indonesia maupun mancanegara,” ujar Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Direkorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, Jumat (2/8/2024).

Melalui Indonesia Bertutur, kata dia akan terbangun kembali antara pengetahuan lampau dengan kenyataan hidup di era digital yang terputus, sekaligus menjadi platform kolaborasi lintas pemangku kepentingan bidang seni budaya.

“Mari hadiri Indonesia Bertutur 2024, dengan semangat Merdeka Berbudaya bersama-sama kita mengalami masa lalu dan menumbuhkan masa depan,”tandasnya.

Direktur Festival Indonesia Bertutur 2024, Taba Sanchabakhtiar, menambahkan, bahwa kekayaan budaya Indonesia mencerminkan kreativitas yang tak pernah habis. Menurutnya, beragam wujud kesenian muncul dan tercipta mulai dari tradisi maupun kontemporer.

“Capaian-capaian artistik anak bangsa sudah selayaknya mendapat sorotan utama di Indonesia. Memancarkan inspirasi dan memberikan sumbangsih bagi khazanah budaya lebih luas. Melalui Indonesia Bertutur, kami ingin menghadirkan hal tersebut,” ungkap Taba.

 

Sementara terkait persiapan acara, Direktur Artistik Indonesia Bertutur 2024, Melati Suryodarmo, mengatakan, bahwa berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut Indonesia Bertutur 2024. Melati menyebut, persiapan menjadi langkah maksimal tim penyelenggara untuk memberikan yang terbaik di gelaran Indonesia Bertutur 2024.

“Menjelang puncak rangkaian kegiatan Indonesia Bertutur, akhirnya tim pelaksana bisa mengawali persiapan teknis di semua lokasi di Bali. Untuk menghormati para leluhur, juga dalam menjunjung tinggi tatanan adat di Bali, seluruh tim pelaksana telah melaksanakan upacara Matur Piuning bersama para pemangku," tutup Melati.

 Seniman yang akan tampil di program Maha Wasundari, I Wayan Sumahardika, menilai Indonesia Bertutur memiliki arti penting, sebab tak seperti festival umumnya yang mengandalkan kuantitas penonton dan hingar bingar pernak-pernik seremonial.

 

 “Dalam segenap prosesnya, Festival Indonesia Bertutur 2024 hadir ke ruang khusyuk desa, masuk ke riuh aktivitas komunitas, mengetuk hati setiap individu untuk mendengar dan saling bertukar tangkap pengetahuan,” imbuh Sumahardika.

Senada dengan Sumahardika, I Gusti Putu Sudarta, pelaku seni tutur dan pengajar di ISI Denpasar menambahkan, bahwa Indonesia Bertutur 2024 merupakan upaya realisasi menjaga keberlangsungan ekosistem budaya karena hal yang digelar dalam perhelatan merupakan pencapaian perjalanan panjang proses berkesenian seniman muda, master, dan maestro dihadirkan.

 “Saya meyakini festival ini mampu memberikan kesan dan kesadaran untuk melihat, menyelami, dan menggali kekayaan tradisi Budaya Indonesia yang sangat kaya dan beragam sehingga sampai menemukan permata, esensi, dari warisan tradisi budaya yang menjadi kekuatan kita dalam bersikap dan menentukan pilihan hidup ketika berdialog dan berinteraksi antara bangsa di dunia,”tutup Sudarta.

Topik Menarik