Bacawagub Aceh Tu Sop Wafat, Ini Kata Ketua KPU 

Bacawagub Aceh Tu Sop Wafat, Ini Kata Ketua KPU 

Nasional | okezone | Senin, 9 September 2024 - 13:21
share

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebut, bakal ada mekanisme pengganti Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Aceh, Tengku Muhammad Yusuf Abdul Wahab Hamzah (Tu Sop) yang telah meninggal dunia. Diketahui dalam Pilkada 2024, ia berpasangan dengan Bakal Calon Gubernur Bustami.

"Berkaitan dengan calon yang meninggal ada aturan penggantian terkait dengan calon yang meninggal. Dalam konteks Aceh, itu juga ada qanun, kalau ngga salah, sekitar 7 hari," ujar Ketua KPU RI, Mochammad Afifuddin, Senin (9/9/2024).

Dia menyebut, pihaknya saat ini sedang menunggu proses yang sedang dijalankan oleh KIP Aceh.

"Nanti kita cek setelah pemberitahuan resmi ke kami, kami akan proses, dan ini juga sudah dilakukan. Intinya ada mekanisme penggantian calon jika ada calon yang berhalangan tetap dan seterusnya. nanti diganti," sambungnya.

Sebelumnya, ribuan masyarakat di Banda Aceh, pada Sabtu (7/9/2024) malam mensholatkan jenazah ulama kharismatik Aceh Tengku Muhammad Abdul Wahab (Tu Sop) di Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh. Selain ulama, Tu Sop merupakan Bakal Calon Wakil Gubernur Aceh yang berpasangan dengan Bustami Hamzah pada Pilkada 2024.

Ribuan jamaah memadati dalam hingga luar masjid untuk mensholatkan jenazah Tu Sop. Kepergian Tu Sop menyimpan kesedihan bagi warga Aceh serta murid-muridnya di pondok pesantren yang ia pimpin.

Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh TGK Faisal Ali mengenang kebersamaan dengan Tu Sop. Ia merupakan salah satu muridnya yang paham betul mengenai perjuangan dakwah almarhum.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun, saya adalah salah satu murid beliau. Saya belajar sama beliau kurang lebih 10 tahun," ujar Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh TGK Faisal Ali, (7/9/2024).

Usai disholatkan di Masjid Raya Baiturahman, jenazah langsung dibawa pulang ke Kecamatan Jenib, Kabupaten Bireun Aceh untuk dikebumikan.

Topik Menarik