Peristiwa 9 September: SBY Ultah Ke-75, Bom Bunuh Diri di Depan Kedubes Australia

Peristiwa 9 September: SBY Ultah Ke-75, Bom Bunuh Diri di Depan Kedubes Australia

Nasional | okezone | Senin, 9 September 2024 - 05:04
share

SEJUMLAH peristiwa penting terjadi setiap harinya, termasuk pada tanggal 9 September. Berikut sejumlah peristiwa yang terjadi yang diolah dari berbagai sumber:

1. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Lahir

Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lahir di Tremas, Arjosari, Pacitan, Jawa Timur, pada 9 September 1949. SBY lahir dari pasangan Soekotjo dan Siti Habibah. Hari ini, SBY ulang tahun (ultah) yang ke-75.

Suami dari Kristiani Herrawati atau Ibu Ani, tersebut, memiliki sejumlah prestasi di bidang kemiliteran sebelum menjabat kepala negara selama 10 tahun dengan berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK) pada periode pertama dan Boediono di periode keduanya.

2. Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara) Didirikan

Politikus berhaluan Komunis, Kim II-sung menyatakan secara resmi mendirikan Republik Rakyat Demokratik Korea pada 9 September 1948. Saat itu, Kim II-sung resmi memimpin Korea Utara ‎hingga ia meninggal dunia.

Sebelum menjadi RRDK, negara tersebut merupakan Kekaisaran Korea. Korea Utara mendeklarasikan kemerdekaannya pada 1 Maret 1919 dan merdeka dari Jepang 15 Agustus 1945.

3. Lahirnya Atlet Bulu Tangkis Liliyana Natsir

Liliyana Natsir lahir di Manado, Sulawesi Utara, pada 9 September 1985. Ia adalah pemain bulu tangkis ganda putri dan ganda campuran Indonesia .

Pengalamannya antara lain berlaga dalam perebutan Piala Uber (2004, 2008 dan 2010), Piala Sudirman (2003, 2005, 2007, 2009, 2011, 2013 dan 2015).

Merebut medali perak Olimpiade Beijing 2008 nomor ganda campuran bersama Nova Widianto, serta merebut merebut medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 nomor ganda campuran bersama Tontowi Ahmad.

 

4. Filsuf atau Negarawan Mao Zedong Meninggal

Pendiri negara Republik Rakyat Tiongkok sekaligus seorang filsuf, Mao Zedong mengembuskan napas terakhirnya pada 9 September 1976. Ketua Partai Komunis China tersebut meninggal di usia 82 tahun

Mao banyak melahirkan pemikiran baru yang diadopsi dari teori Marxis-Leninisme. Mao Zedong merupakan tokoh penting dalam sejarah modern Tiongkok. Paham-paham Mao banyak diadopsi oleh masyarakat Tiongkok hingga saat ini.

5. Bom Bunuh Diri di Depan Kedubes Australia

Sebuah mobil yang berisikan bom meledak di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, tepatnya di depan kantor Kedubes Australia pada 9 September 2004. Ledakan yang terjadi di depan Kedubes Australia ini disebut juga Bom Kuningan.

Aksi terorisme ini merupakan yang terbesar ketiga di Indonesia setelah ‎Bom Bali 2002 dan Bom JW Marriott 2003. Berdasarkan data yang diperoleh, Bom Kuningan tersebut menewaskan sedikitnya 9 orang. Korban tewas akibat bom tersebut di antaranya satpam Kedubes, pemohon visa, serta staf Kedubes.

Aksi bom bunuh diri tersebut diduga kuat dilakukan oleh Heri Kurniawan alias Heri Golun dengan menggunakan van mini jenis Daihatsu. Disinyalir, aksi bom bunuh diri tersebut berasal dari kelompok teroris Jemaah Islamiyah.
 

Topik Menarik