Sidang IPPP, Ketua DPR Dorong Pemberdayaan Perempuan di Pasifik Berpartisipasi dalam Politik

Sidang IPPP, Ketua DPR Dorong Pemberdayaan Perempuan di Pasifik Berpartisipasi dalam Politik

Nasional | okezone | Jum'at, 26 Juli 2024 - 21:24
share

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani meminta agar pemberdayaan perempuan dapat dilakukan di Pasifik saat membuka Sidang ke-2 Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) di Jakarta Pusat, Kamis 25 Juli 2024.

Puan menyatakan bahwa DPR siap untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan praktik terbaik dengan Parlemen negara-negara Pasifik, khususnya terkait fungsi parlemen yaitu legislasi, anggaran, dan pengawasan.
 
“Terkait pembangunan inklusif di Pasifik, saya mendorong pemberdayaan perempuan di Pasifik. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan partisipasi perempuan di dunia politik, dan untuk memegang jabatan publik,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Jumat (26/7/2024).

Puan menyadari memang di setiap negara Pasifik memiliki mekanisme dan aturan yang berbeda terkait dengan isu pemberdayaan perempuan di negaranya. Meski begitu ia meyakini peningkatan kapasitas perempuan di negara-negara Pasifik akan semakin meningkat.

“Kami sepakat akan lebih detail membicarakan hal itu di setiap negara di mana kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan bisa lebih dipertimbangkan,” tutup Puan.

Salah satu delegasi Sidang ke-2 IPPP, Gloria Guttenbeil Pole’o dari Parlemen Tonga menyambut baii apa yanhmg disuarakan Puan. Pasalnya, ia merasa, keterlibatan perempuan di parlemen masih minim di negaranya.

 

“Saya rasa itu hal yang tepat dibicarakan oleh seorang perempuan di parlemen karena di negara asal kami keterlibatan perempuan di parlemen tidak begitu banyak,” kata Gloria, Jumat (26/7/2024).

Parlemen Tonga sendiri disebut hanya memiliki satu anggota perempuan. Gloria mengatakan, mendengar pesan Puan terkait kesetaraan gender di bidang politik telah membuat semangat untuk para perempuan berpartisipasi dalam dunia politik. 

“Beliau menjadi inspirasi karena bisa menjadi pemimpin nasional. Para pemimpin perempuan seperti Madam Puan memberikan kontribusi yang lebih baik kepada masyarakat dalam hal sosial ekonomi dan isu-isu lain yang berdampak,” katanya.

“Itu bisa membuka harapan kami untuk menjadi petugas masa depan. Kami melihat beliau sebagai Ketua DPR memberikan inspirasi bagi banyak perempuan agar bisa menjadi seperti beliau,” imbuh Gloria.

Topik Menarik