Mengapa Setiap Malam 1 Suro Tidak Boleh Keluar Rumah? Ini Alasannya

Mengapa Setiap Malam 1 Suro Tidak Boleh Keluar Rumah? Ini Alasannya

Nasional | okezone | Jum'at, 5 Juli 2024 - 19:14
share

JAKARTA - Mengapa setiap malam 1 suro tidak boleh keluar rumah? Ini alasannya yang jarang orang ketahui. Adapun, larangan ini dikarenakan tradisi dan budaya masyarakat Jawa.

Lantas mengapa setiap malam 1 suro tidak boleh keluar rumah? Ini alasannya yan ternyata masih berkaitan dengan hal-hal mistis.

Apalagi, satu suro bertepatan dengan tanggal 1 Muharram dalam kalender hijriyah.

Beberapa alasan kenapa tidak boleh keluar pada saat malam 1 suro dalam kepercayaan masyarakat Jawa,dianggap sebagai malam yang keramat. Untuk itu, membuat masyarakat dilarang untuk berperilaku sembarangan.

Terdapat banyak pantangan yang harus dihindari oleh masyarakat saat malam 1 Suro tiba. Salah satu diantaranya adalah larangan untuk keluar rumah atau bepergian pada malam 1 suro.

Jika pada malam 1 Suro arwah para leluhur akan datang kembali ke rumah keluarganya. Selain arwah leluhur, pada malam ini juga dipercaya banyak jin dan setan yang turut berkeliaran untuk mencelakakan manusia.

Namun, dalam pandangan lain juga dijelaskan bahwa pantangan keluar pada malam 1 Suro adalah agar setiap orang dapat merenungi dan mengevaluasi diri selama satu tahun yang lalu. Dengan demikian, masyarakat dapat menjadi manusia yang lebih baik saat memasuki kalender yang baru.

Terlepas dari hal tersebut, di berbagai daerah, malam 1 Suro atau 1 Muharram ini kerap kali diperingati dengan berbagai ritual dan kirab yang digelar.

Saat memasuki bulan Suro, masyarakat Jawa dianjurkan untuk menyambut bulan istimewa tersebut dengan melakukan "laku prihatin" untuk tidak tidur semalam suntuk. Aktivitas yang dilakukan pada malam ini biasanya adalah tirakatan, menyaksikan pagelaran wayang, ataupun acara seni yang lainnya.

Topik Menarik