Hujan Deras saat Musim Kemarau, Begini Penjelasan BMKG

Hujan Deras saat Musim Kemarau, Begini Penjelasan BMKG

Berita Utama | okezone | Jum'at, 5 Juli 2024 - 03:45
share

 

 

JAKARTA - Sejumlah wilayah di Jabodetabek dilanda hujan deras sejak Rabu 3 Juli 2024. Hujan dan angin kencang yang melanda pada sore hari ini juga sempat melumpuhkan lalu lintas termasuk di hari Kamis 4 Juli 2024.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa puncak musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia terjadi di Bulan Juli dan Agustus 2024. Namun demikian, diketahui hujan masih sering terjadi di banyak wilayah di Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto membenarkan bahwa sebagian besar wilayah di Indonesia telah memasuki musim kemarau. Menurutnya, perlu diluruskan bahwa meski statusnya adalah musim kemarau namun bukan berarti akan tidak turun hujan sama sekali.

"Betul sebagian besar wilayah Indonesia terjadi di bulan Juli dan Agustus 2024 yaitu sebanyak 77,27, dimana 63,95 durasi musim kemarau diprediksi terjadi selama 3 hingga 15 dasarian,” terang Guswanto di Jakarta, Kamis (4/7/2024).

“Meski demikian bukan berarti dalam periode kemarau tidak ada hujan sama sekali, tetapi ada hujan meski kisaran di bawah 50 mm / dasariannya,” tambahnya.

Dalam sepekan ke depan, Guswanto mengatakan masih terdapat potensi peningkatan curah hujan secara signifikan di sejumlah wilayah Indonesia. Fenomena ini disebabkan oleh dinamika atmosfer skala regional - global yang cukup signifikan.

Topik Menarik