Profil Semuel Abrijani, Dirjen Aptika Kominfo yang Putuskan Mundur karena Serangan Ransomware ke PDNS

Profil Semuel Abrijani, Dirjen Aptika Kominfo yang Putuskan Mundur karena Serangan Ransomware ke PDNS

Berita Utama | okezone | Kamis, 4 Juli 2024 - 13:46
share

SEMUEL ABRIJANI, memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Hal itu dipilihnya saat Pusat Data Nasional dibobol kelompok peretas Brain Chiper. Sebagai informasi, Semuel merupakan orang yang bertanggung jawab dalam hal teknis penelolaan PDNS. Sehingga, dirinya merasa harus mundur dari jabatannya setelah gagal menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengamankan data nasional.

Dikutip dari laman resmi Kominfo, Ditjen Aptika Kominfo ini lahir dengan nama lengkap Semuel Abrijani Pangerapan. Ia dilahirkan di Makassar pada 27 Desember 1964.

Pendidikan

Semuel merupakan lulusan dari Bachelor of Science Business Administration (major), Information Management (minor) Alumnus Fresno State University of California, Amerika Serikat.

Pengalaman di Dunia Telekomunikasi

 

Kurang lebih 20 tahun pengalaman memimpin bisnis di industry telekomunikasi. Aktif di organisasi nasional dan internasional yang berkaitan dengan tata kelola dan pemanfaatan internet. Semuel pernah menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2012-2015 sebelum menjadi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika;

Saat ini, Semuel juga menjabat sebagai Founder & Pengarah SIBER KREASI (Gerakan Nasional Literasi Digital) dari 2017 sampai saat ini; pernah bertugas sebagai Ketua Delegasi ASEAN Telecommunications and IT Ministers Meeting (TELMIN) di tahun 2018 – 2019 dan di tahun yang sama sebagai Ketua ASEAN Telecommunications and Information Technology Senior Officials Meeting (TELSOM); di tahun 2013 sebagai Ketua Pelaksana Internet Governance Forum (IGF) ke-8 di Bali, Indonesia; pernah menjabat sebagi Presiden Direktur PT. Jasnita Telekomindo pada tahun 1996 – 2016.

Topik Menarik