5 Fakta Septic Tank di Puncak Cisarua Meledak, Tinja Menyembur ke Udara

5 Fakta Septic Tank di Puncak Cisarua Meledak, Tinja Menyembur ke Udara

Nasional | okezone | Selasa, 1 Oktober 2024 - 06:02
share

JAKARTA - Lubang septic tank rumah warga di wilayah Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat meledak membuat tinja menyembur ke udara. Peristiwa tersebut sempat menggemparkan warga sekitar.

Berikut fakta-faktanya:

1. Ledakan Cukup Kuat 

Terdengar ledakan di sebuah rumah warga yang berlokasi di wilayah Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Senin pagi, 30 September 2024, sekitar pukul 06.45 WIB saat septic tank meledak. Ledakan tersebut dirasakan cukup kuat hingga terdengar oleh tetangga di sekitar rumah.

"Ledakan terdengar hingga ke rumah tetangga mengakibatkan kobaran api di kasur yang dengan cepat dipadamkan oleh warga yang membantu," ujar  Kapolsek Cisarua Kompol Eddy Santosa, Senin 30 September 2024. 

2. Korban Terluka 

Satu penghuni rumah, yang diidentifikasi berinisial ASW, mengalami luka dalam insiden tersebut. Pada saat ledakan terjadi, ASW sedang memasak di dapur.


 
Meskipun ledakan cukup besar, warga di sekitar segera memberikan pertolongan untuk memadamkan api dan membantu korban.

Dalam kejadian ini, ASW mengalami luka di bagian tangan dan wajah. Korban sudah dilarikan ke RSUD Ciawi untuk mendapatkan pertolongan medis.

3. Awalnya Diduga Ledakan Tabung Gas

Pada awalnya, ledakan tersebut dikira berasal dari tabung gas di dapur. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa tabung gas berada dalam kondisi baik dan bukan sumber ledakan.

Setelah pengecekan lebih lanjut, sumber ledakan ternyata berasal dari gas yang bocor dari septic tank di rumah tersebut. 

"Ledakan (diduga) disebabkan oleh kebocoran gas dari septic tank yang terkena api dari dapur," ujarnya.

 

4. Gas Metana

Gas metana yang terkumpul dalam septic tank diduga telah bocor dan kemudian terkena api dari dapur yang memicu ledakan. Peristiwa ini menjadi pelajaran bahaya potensi ledakan gas metana dari septic tank yang bisa terjadi jika ada kebocoran dan terkena sumber api.

5. Dampak Ledakan 

Ledakan menyebabkan semburan limbah tinja serta kebakaran kecil yang menghanguskan kasur di dalam rumah. Api dapat dipadamkan dengan cepat oleh warga sekitar yang segera datang untuk membantu. 

"Ledakan juga menyebabkan kerusakan material pintu dapur yang jebol dan kerusakan di kamar mandi seperti keramik dan kloset yang hancur. Kami masih melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab ledakan tersebut," katanya.

Topik Menarik