4 Nama Berpotensi Diusung PDIP di Pilgub Jakarta hingga Jatim, Ada Nama Eks Jenderal Kopassus!

4 Nama Berpotensi Diusung PDIP di Pilgub Jakarta hingga Jatim, Ada Nama Eks Jenderal Kopassus!

Nasional | okezone | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 16:31
share

JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan resmi mengusung 6 bakal pasangan calon (paslon) yang akan bertarung di Pilgub 2024. Partai berlambang moncong banteng putih ini juga memberi dukungan terhadap 163 bakal calon kepala daerah yang diusung di Pilkada Serentak 2024 pada gelombang kedua.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, masih ada satu gelombang lagi dalam mengumumkan calon kepala daerah yang diusung PDIP. Pengumuman akan dilakukan di jelang masa pendaftaran calon di KPU.

"Jadi kita umumkan 3 gelombang, ya tentu antara tanggal 24 sampai 27 (Agustus) kita akan mencari momentum yang terbaik di dalam mengumumkan daerah-daerah sisa," ujar Hasto, Kamis (22/8).

Ada sejumlah daerah yang belum diumumkan PDIP untuk pemilihan gubernur, seperti Jakarta, Banten, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Nama-namanya pun telah beredar di publik, berikut ini empat nama calon gubernur yang berpotensi diusung PDIP.

1. Anies Baswedan

Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan Komarudin Watubun tampaknya khawatir dengan potensi pengkhianatan Anies Baswedan jika diusung PDIP. Ia pun menegaskan jika Anies Baswedan ingin diusung maka dia harus menjadi kader dari partai berlambang banteng tersebut.

 “Ya kita harapkan memang dia (Anies) harus menjadi kader partai. Karena kita berpengalaman. Yang kita kaderkan saja bisa berkhianat, apalagi yang tidak menjadi kader,” ujar Komarudin di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Selasa (20/8).

Dia juga melihat sepak terjang mantan Menteri Pendidikan itu dalam konstelasi politik, Anies memang kerap kali berpindah haluan dalam menjalin dukungan untuk dirinya dan terkesan tidak memiliki ideologi yang jelas.

Misalnya saat pencalonan Jokowi-JK di Pilpres tahun 2014, ketika itu dirinya membela mati-matian pasangan tersebut.

Namun setelah diberhentikan dari posisinya sebagai Menteri Pendidikan di kabinet Jokowi, Anies pun mencoba menjalin dukungan dari parpol lain untuk mengusung dirinya dalam Pilkada DKI Jakarta tahun 2017.

 

 2. Airin Rachmi Diany

PDIP membuka peluang mengusung mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur pada Pilkada Banten 2024.

Sekjen PDIP Hasto Kristianto mengatakan, Airin yang juga kader Golkar akan berpasangan dengan Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi.

"Dari laporan yang kami terima termasuk dari Pak Ahmad Basarah yang memang bertugas di Banten bersama dengan Mbak Ning, ada gerakan rakyat untuk semakin mengukuhkan pasangan Mba Airin dan Ade Sumardi," kata Hasto, Kamis (22/8).

 

3. Andika Perkasa

PDIP Jateng menyebut nama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa makin mengerucut untuk dicalonkan sebagai Calon Gubernur Jateng pada Pilgub Jateng 2024.

“Kalau provinsi (Jateng) sudah mengarah ke Pak Andika, wakilnya kita belum. Kalau rembukan di pusat sana (DPP), kawan-kawan mendorong ke Pak Andika (Cagub Jateng),” kata Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul di Kota Semarang, beberapa waktu lalu.

 

4. Tri Rismaharini

Nama Menteri Sosial Tri Rismaharini diusulkan menjadi Gubernur Jawa Timur dari PDI Perjuangan. Nama Menteri Sosial itu saat ini sedang digodok di DPP PDI Perjuangan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto saat ziarah ke makam Bung Karno di Kota Blitar, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Hasto menyebutkan, nama Menteri Sosial Tri Rismaharini sedang digodok DPP PDI Perjuangan untuk maju kontestasi Pilkada 2024 ini.

"Pilgub Jatim akan diumumkan, saat ini sedang konsolidasi dengan semua partai. Bu Risma namanya ada yang mengusulkan. Demikian juga nama Pramono Anung, baik di Jakarta maupun Jawa Timur," katanya.

Topik Menarik