Menko Hadi soal NIK-NPWP Bocor : Ada Data Tak Sesuai dengan Pemiliknya

Menko Hadi soal NIK-NPWP Bocor : Ada Data Tak Sesuai dengan Pemiliknya

Nasional | okezone | Senin, 23 September 2024 - 14:24
share

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) diduga bocor diretas hacker, ada yang tak sesuai dengan pemiliknya. 

Hal itu disampaikan Hadi Tjahjanto saat menjawab pertanyaan dari anggota Komisi I DPR RI dalam rapat kerja di ruang rapat Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2024).

Hadi menyatakan bahwa pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menindaklanjuti kasus tersebut. "Kita juga saat ini bekerja sama dengan BSSN, itu masih melaksanakan validasi terkait data yang dibocorkan, diataranya nomor hp, NIK, dan NPWP," katanya.

Dia menyampaikan bahwa BSSN telah menyampaikan hasil analisa sementaranya. Di mana, ada ketidakcocokan antara data yang diduga bocor dengan pemilik datanya. "Sehingga ada yang tidak sesuai dengan yang data yang dibocorkan itu tidak sesuai dengan pemiliknya baik NIK maupun NPWP," ujarnya.

Meski begitu, ia memastikan Kementerian ya akan terus memantau serta berkoordinasi dengan BSSN terkait dengan kebocoran ini.

"Dan minggu ini akan kami laksanakan rapat tingkat menteri yang dihadiri oleh Dirjen Pajak, dan dihadiri oleh BSSN. Untuk mencari solusi permasalahan dan bagaimana mitigasinya terkait dengan kebocoran ini," pungkasnya.
 

Topik Menarik