Anggaran HUT Ke-79 RI Lebih Besar, Pratikno: Tetapi Tak Signifikan 

Anggaran HUT Ke-79 RI Lebih Besar, Pratikno: Tetapi Tak Signifikan 

Nasional | okezone | Selasa, 6 Agustus 2024 - 17:32
share

JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, bahwa anggaran yang digunakan untuk perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pratikno menjelaskan, bahwa naiknya anggaran tersebut dikarenakan acara HUT RI diselenggarakan di dua tempat yakni Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jakarta.

"Ya karena upacara sekarang itu kan diselenggarakan di 2 tempat tentu saja anggarannya lebih besar dari sebelumnya. Tetapi gak signifikan," kata Pratikno di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Terkait jumlah anggaran tersebut, Pratikno mengaku tidak mengetahui dan meminta untuk ditanyakan langsung kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

"Oh gak hapal lah saya. Mungkin pak Kasetpres yang lebih tahu," katanya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan bahwa pihaknya akan menggunakan bus untuk tranportasi pada perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia yang akan digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Hal tersebut sekaligus menanggapi perihal Pemerintah yang disebut telah menyewa setidaknya 1.000 unit mobil dan membuat harga sewa menjadi melonjak dari harga pasaran biasanya.

"Oiya itu kan lokal, pasar lokal. Dan kita besok gaakan menggunakan itu. Kita akan menggunakan bus," kata Pratikno di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Pratikno menjelaskan bahwa kapasitas infrastruktur dan jalur transportasi di Balikpapan ke IKN dinilai sangat terbatas. Jalan tol dan Bandara, katanya, juga belum sepenuhnya selesai.

"Ini tol dan Bandara ini diperkirakan jadi di akhir Agustus awal September. Jadi untuk pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi di IKN kita masih menghadapi kendala itu sarana prasarana transportasi," kata Pratikno.

"Oleh karena itu tantangannya bukan hanya jumlah mobil tantangan yang paling karena terbatas maka kita akan menggunakan bus itu. Jadi kita akan memfasilitasi tranportasi berupa bus untuk menuju tempat upacara. Jadi kita bagi-bagi tugas," sambungnya.

Pratikno menyebut bahwa penggunaan bus tersebut akan menggunakan anggaran dari negara seperti penyelenggara acara HUT RI tahun-tahun sebelumnya.

Kemensetneg, kata Pratikno, juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan aparat TNI-POLRI untuk penyediaan kebutuhan upacara HUT RI.

"Disana kan kita harus menyediakan banyak bus itupun kita sudah berkoordinasi aparat setempat aparat di Kaltim Pemda Pemkab dengan Kapolda dengan Pangdam untuk sama-sama berkolaborasi untuk agar apa yang dibutuhkan dalam proses detik-detik proklamasi itu bisa tercukupi," ungkapnya.


Topik Menarik