Jokowi Tak Singgung Anggaran Makan Siang Gratis saat Pidato Nota Keuangan, Ada Apa?

Jokowi Tak Singgung Anggaran Makan Siang Gratis saat Pidato Nota Keuangan, Ada Apa?

Nasional | okezone | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 15:02
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak membicarakan anggaran Makan Bergizi Gratis (MBG), yang merupakan program unggulan dari Presiden terpilih Prabowo Subianto. Dia hanya menegaskan program ini akan dilaksanakan secara bertahap.

Menurut Jokowi, program Makan Bergizi Gratis, yang akan dijalankan oleh Pemerintahan Prabowo akan diarahkan untuk meningkatkan gizi anak. Sekaligus untuk pemberdayaan masyarakat melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sehingga, program ini juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah.

“Makan Bergizi Gratis diarahkan untuk meningkatkan gizi anak sekaligus memberdayakan UMKM, dan meningkatkan ekonomi masyarakat kecil di daerah,” kata Jokowi dalam rangka Penyampaian RUU APBN 2025 dan Nota Keuangan, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Program Makan Bergizi Gratis dilakukan secara bertahap, diselaraskan dengan kesiapan teknis dan kelembagaan, serta tata kelola yang akuntabel,” sambungnya.

 

Dia mengungkapkan, untuk strategi jangka menengah dalam pemerintahan selanjutnya diarahkan untuk mengakselerasi transformasi ekonomi menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Mewujudkan SDM unggul yang produktif, inovatif, dan berdaya saing melalui pendidikan bermutu, makan bergizi gratis, dan renovasi sekolah, serta kesehatan berkualitas, dan perlindungan sosial,” pungkasnya.

Topik Menarik