Hasil Perempatfinal Euro 2024: Timnas Spanyol Sikat Jerman 2-1 via Extra Time

Hasil Perempatfinal Euro 2024: Timnas Spanyol Sikat Jerman 2-1 via Extra Time

Nasional | karawang.inews.id | Sabtu, 6 Juli 2024 - 02:40
share

JAKARTA , iNewsKarawang . id -Timnas Spanyol berhasil sikat Timnas Jerman 2-1 via Extra Time di perempatfinal Euro 2024 akan diulas dalam artikel ini.

Atas kemenangan tersebut La Furia Roja -julukan Timnas Spanyol- berhasil tembus babak semifinal. Mereka memastikan kemenangan usai bertarung sengit hingga babak tambahan waktu.

Laga kedua tim digelar di Stuttgart Arena sejak Jumat 5 Juli 2024 malam WIB berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Spanyol. Dua gol Spanyol dicetak oleh Dani Olmo (51) dan juga Mikel Merino (119).

Di babak semifinal Euro 2024, Spanyol masih menanti lawannya. Mereka akan menghadapi pemenang laga yang akan mempertemukan Portugal atau Prancis pada Sabtu (6/7/2024) pukul 02.00 WIB.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Laga baru dimulai, Spanyol sudah tebar ancaman berbahaya lewat aksi Rodro. Dia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang mengarah tepat ke gawang Jerman. Tetapi, bola masih bisa ditangkap oleh Maunel Neuer.

Pada menit ketujuh, petaka datang untuk pemain muda Spanyol, Pedri. Dia sudah harus meninggalkan lapangan karena mengalami cedera di kakinya usai bertabrakan dengan Toni Kroos. Tak bisa melanjutkan laga, peran Pedri pun digantikan Olmo.

Tak lama kemudian, Spanyol mendapat hadiah tendangan bebas dari luar kotak penalti usai nomor Dani Olmo dijatuhi Antonio Rudiger. Tetapi, tendangan Lamine Yamal masih bisa dihalau oleh pemain Jerman hingga tak berbuah gol.

Kai Haverts nyaris membawa Jerman membuka keunggulan lebih dahulu pada menit ke-20. Dia berhasil menyambar umpan bola matang yang datang ke depan gawang Spanyol dengan sundulannya. Tetapi, bola masih bisa ditangkap Unai Simon.

Hingga akhir laga, tak ada gol yang tercipta. Alhasil, skor kacamata alias 0-0 terus terjaga hingga peluit panjang dibunyikan wasit.

Babak Kedua

Di babak kedua, Spanyol masih tampil ofensif. Alvaro Morata pun nyaris membuka keunggulan pada menit ke-47 andai bola sepakannya tak ditepis Manuel Neuer.

Usaha Spanyol akhirnya berbuah manis. Pada menit ke-51, Dani Olmo mencatatkan namanya di papan skor. Dia berhasil mencetak gol usai memanfaatkan umpan ciamik dari Lamine Yamal dari sisi kiri gawang Jerman.

Bola kemudian disambar Olmo dengan tendangan keras yang tak bisa dihalau Manuel Neuer. Spanyol unggul 1-0.

Tertinggal, Jerman langsung bereaksi. Sejumlah pergantian pemain dilakukan, salah satunya menarik Ilkay Gundogan dan menggantinya dengan Niclas Fulkrug. Tetapi, Jerman tetap masih kesulitan menjebol gawang Spanyol karena solidnya pemain di lini pertahanan lawan.

Jelang akhir laga, Jerman memberi kejutan kepada Spanyol. Tepatnya pada menit ke-89, Florian Wirtz berhasil menjebol gawang Spanyol usai bola tendangannya memantul dari tiang dan kemudian bersarang ke gawang. Skor imbang 1-1 terjaga hingga akhir laga babak kedua membuat pertandingan harus berlanjut ke extra time atau babak tambahan waktu.

Babak Tambahan Waktu

Jerman tampak tampil lebih percaya diri usai berhasil menyamakan kedudukan dengan Spanyol. Mereka lebih intens menebar serangan ke gawang Spanyol kini.

Salah satu ancaman didapat pada menit ke-101. Tetapi, Unai Simon tampil benar-benar apik sehingga bisa melakukan serangkaian penyelamatan yang ciamik.

Alih-alih mencetak gol tambahan, Jerman justru harus kebobolan. Jelang akhir laga babak tambahan waktu, Spanyol yang terus ditekan berhasil menyerang balik Jerman dengan ciamik. Tepatnya pada menit ke-118, sundulan Merino gagal dihalau Manuel Neuer. Spanyol pun unggul kembali 2-1. Skor ini bertahan hingga akhir laga.

Berikut Daftar Line Up Spanyol vs Jerman di Perempatfinal Euro 2024:

Timnas Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Dani Carvajal, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Marc Cucurella; Rodri, Fabian Ruiz, Pedri; Nico Williams, Lamine Yamal, Alvaro Morata.

Cadangan: David Raya, Alex Remiro, Nacho Fernandez, Dani Vivian, Mikel Merino, Joselu, Dani Olmo, Ferran Torres, Alex Grimaldo, Alex Baena, Martin Zubimendi, Mikel Oyarzabal, Jesus Navas, Fermin Lopez, Ayoze Perez.

Pelatih: Luis De La Fuente

Timnas Jerman (4-5-1): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jonathan Tah, David Raum; Toni Kroos, Emre Can, Jamal Musiala, Ilkay Gundogan, Leroy Sane, Kai Havertz.

Cadangan: Oliver Baumann, Marc Andre Ter Stegen, Pascal Gross, Niclas Fullkrug, Chris Fuhrich, Thomas Muller, Maximilian Beier, Nico Schlotterbeck, Waldemar Anton, Florian Wirtz, Maximillian Mittelstadt, Benjamin Henrichs, Robert Andrich, Robin Koch, Deniz Undav.

Pelatih: Julian Nagelsmann

Topik Menarik