JIS Bangun Sekolah Bertaraf Internasional Pertama di IKN, Pendaftaran Dibuka 2024

JIS Bangun Sekolah Bertaraf Internasional Pertama di IKN, Pendaftaran Dibuka 2024

Nasional | BuddyKu | Kamis, 13 Juli 2023 - 11:58
share

IDXChannel - Jakarta Intercultural School (JIS) resmi membangun sekolah bertaraf internasional pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN). Rencananya, sekolah tersebut siap mulai menerima peserta didik baru pada 2024.

Ketua Dewan Pengawas Yayasan JIS Phil Rickard berharap sekolah bertaraf internasional ini mampu mendorong peningkatan kualitas SDM Indonesia ke depannya. Menurutnya, hal itu menjadi modal utama sebelum mencapai Indonesia Emas pada 2045 mendatang.

"Dengan bekerja sama dengan Bina Karya, kami dapat menyediakan lingkungan belajar yang mendukung dan memelihara di IKN yang memenuhi standar global. Kemitraan kami akan mempersiapkan siswa untuk sukses di dunia yang semakin saling terhubung, kata dia dalam keterangannya, dikutip Kamis (13/7/2023).

Meski begitu, Rickard menegaskan bahwa JIS bukanlah satu-satunya pilihan sekolah di IKN. Mereka sangat terbuka jika sekolah lain ingin menjalin kerja sama.

Direktur Utama PT Bina Karya (Persero) Boyke P. Soebroto berharap pembangunan sekolah berstandar internasional ini bisa lebih meningkatkan keyakinan bagi para investor terkait visi misi Indonesia hingga 2045.

Semoga dengan adanya sekolah sebagus JIS di IKN, bisa menambah kepercayaan dari investor asing lainnya agar tertarik untuk investasi secara penuh di IKN, ujar Boyke.

Seperti diketahui pembangunan IKN sendiri diharapkan banyak menggunakan dana dari para investor. Itu bertujuan agar tidak mengganggu kinerja fiskal pemerintah. Bahkan komposisi pendanaan ditargetkan hanya 30% yang menggunakan APBN, itu diperuntukkan membangun infrastruktur dasar. Sedangkan 70% lagi menggunakan dana dari para investor, khususnya investasi-investasi yang menghasilkan keuntungan.

Pembangunannya pun dilakukan secara bertahap mulai 2022 lalu hingga 2045 mendatang. Akan tetapi pusat pemerintahan akan lebih dahulu dipindahkan pada 2024 mendatang. Seiring dengan hal itu, maka ibu kota Jakarta nantinya juga akan dicabut. (RNA)

Topik Menarik