Tokopedia dan ShopTokopedia Rekomendasikan Merek Lokal untuk Merayakan HUT Medan ke-434

Tokopedia dan ShopTokopedia Rekomendasikan Merek Lokal untuk Merayakan HUT Medan ke-434

Gaya Hidup | medan.inews.id | Rabu, 3 Juli 2024 - 18:10
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Dalam rangka HUT Medan yang ke-434, Tokopedia dan ShopTokopedia merekomendasikan merek lokal dan mengajak masyarakat untuk bangga menggunakan produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia melalui kampanye 'Beli Lokal'. Bertepatan dengan HUT Medan ke-434 pada Senin (1/7/2024), Tokopedia dan ShopTokopedia memberikan rekomendasi brand lokal untuk menggugah masyarakat agar bangga menggunakan produk UMKM lokal.

Berbagai produk dari brand lokal, termasuk yang berasal dari Medan, dapat dengan mudah ditemukan, cepat diantar, dan terjangkau melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia.

"Tokopedia dan ShopTokopedia terdiri dari lebih dari 21 juta penjual yang mayoritas merupakan UMKM Indonesia, termasuk yang berasal dari Medan. Untuk membantu pelaku usaha lokal meningkatkan kesadaran dan penjualan, serta memudahkan masyarakat menemukan dan bangga menggunakan produk dari UMKM, kami membuat showcase khusus bernama Beli Lokal," kata Communications Senior Lead Tokopedia dan ShopTokopedia, Antonia Adega.

Berkat kampanye Beli Lokal di Tokopedia, terjadi peningkatan signifikan dalam jumlah transaksi beberapa produk, antara lain popok, hampers atau parsel, aksesoris kamera, pakaian muslim anak (baju koko, gamis), dan pakaian muslim pria (baju). koko, celana sarung), dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 7 kali lipat (sumber: Tokopedia, Semester I 2024 dibandingkan Semester II 2023).

Di sisi lain, beberapa produk dengan peningkatan transaksi tertinggi melalui kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia antara lain parfum, deodoran, hijab, cuka, dan suplemen kesehatan, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 3 kali lipat (sumber: ShopTokopedia, Maret -Mei 2024 dibandingkan Maret-Mei 2023). 

"Di hari jadinya yang ke 434, Medan patut berbangga karena memiliki deretan brand lokal yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari. Membeli dan menggunakan produk UMKM lokal dapat mendongkrak perekonomian dan pembangunan daerah, serta membantu brand lokal berkembang di negeri sendiri," jelas Antonia.

Untuk mempercantik dan menciptakan suasana baru di rumah, masyarakat dapat menemukan produk-produk rumah tangga merek lokal Medan di Tokopedia dan ShopTokopedia, seperti Brewsuniq (akun toko Tokopedia) dan Olfactory Candle (akun produk/toko Tokopedia dan ShopTokopedia). Brewsuniq menjual berbagai macam furniture antara lain kursi, meja, karpet, piring, dan sarung bantal untuk menciptakan suasana baru di rumah. Sedangkan Olfactory Candle menawarkan berbagai lilin wangi dan reed diffuser yang cocok untuk menyegarkan rumah. 

Bagi yang mencari produk fashion seperti pakaian atau alas kaki dapat mengunjungi brand lokal asal Medan di Tokopedia dan ShopTokopedia, seperti Grata Atelier Indonesia (toko/akun produk Tokopedia dan ShopTokopedia) dan Gio Saverino (akun produk Tokopedia dan ShopTokopedia)Grata Atelier Indonesia menjual berbagai produk fashion wanita antara lain atasan, bawahan, gaun, tas, dan aksesoris. Sedangkan Gio Saverino menyediakan berbagai macam alas kaki untuk wanita, pria, dan anak-anak, seperti flat shoes, sneakers, high heels, sandal, dan masih banyak lagi. 

Kopi merupakan minuman yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bagi pecinta kopi, ada banyak brand lokal asal Medan yang menawarkan produk kopi, seperti Hanata Coffee (akun toko Tokopedia) dan The Coffeenatics (akun toko/produk Tokopedia dan ShopTokopedia). 

Hanata Coffee menyediakan pilihan biji kopi Arabika dan Robusta dari berbagai daerah di Indonesia, serta kopi infus bag. Di sisi lain, selain menjual aneka biji kopi, The Coffeenatics juga menawarkan berbagai perlengkapan dan merchandise seduh kopi, seperti kaos dan jaket.

Untuk memenuhi kebutuhan produk kesehatan, masyarakat dapat menemukan brand lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia yang berpusat di Medan, seperti Kebun Efi (akun toko/produk Tokopedia dan ShopTokopedia) dan Dollarnest Official (akun toko Tokopedia). 

Kebun Efi merupakan brand lokal yang memproduksi produk kesehatan alami, seperti madu, propolis, penambah imun, dan vitamin, untuk menunjang kesehatan. Sedangkan Dollarnest Official menawarkan minuman sarang burung walet 100 alami yang memiliki segudang manfaat, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi masalah pencernaan, serta menjaga kesehatan kulit dan tulang. 

Ada beberapa brand lokal asal Medan yang bisa membantu para orang tua memenuhi kebutuhan bayi atau anak. Misalnya Athena Baby Shop (akun toko Tokopedia) dan Coconi Baby Official Indonesia (akun toko/produk Tokopedia dan ShopTokopedia). Athena Baby Shop menyediakan berbagai produk bayi dan anak dari brand ternama antara lain makanan bayi, botol bayi, penghangat makanan bayi, dan masih banyak lagi. Sementara itu, Coconi Baby Official Indonesia menawarkan rangkaian produk bayi dan anak, seperti oto, tas popok, perlengkapan makan dan minum bayi, dan masih banyak lagi. 

"Masyarakat dapat dengan mudah menemukan produk lokal dari brand asal Medan di Tokopedia dan ShopTokopedia melalui halaman kampanye Beli Lokal. Kampanye ini bertujuan untuk membantu brand lokal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Medan, untuk meningkatkan eksposur dan penjualan. Beli Lokal dapat dapat ditemukan di platform Tokopedia dan ShopTokopedia," pungkas Antonia.

Topik Menarik