Kisah Nyata Keajaiban Surat al Insyirah, Ini Keutamaannya

Kisah Nyata Keajaiban Surat al Insyirah, Ini Keutamaannya

Gaya Hidup | inews | Kamis, 6 Juni 2024 - 05:30
share

JAKARTA, iNews.id – Kisah nyata keajaiban Surat Al Insyirah menarik diulas. Dalam Al Quran, Surat Al Insyirah merupakan surat ke-4 dan termasuk surah Makkiyah dengan jumlah delapan ayat. Surat ini turun sesudah Surat Adh-Dhuha.

Surah Al Insyirah diambil dari ayat pertama dari kata Alam Nasyrah yang artinya bukankah kami telah melapangkan.

Dilansir dari Buku Qur'an dan Hadis Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Surah al-Insyirah menegaskan tentang ni’mat-ni’mat Allah Swt yang diberikan kepada Nabi Muhamma SAW dan memberikan pernyataan bahwa di samping kesukaran ada kemudahan.

Ibnu Katsir mengatakan, dari Anas Ibnu Malik pernah menceritakan bahwa Nabi SAW duduk dan di hadapannya terdapat sebuah batu, maka beliau bersabda: “Seandainya kesulitan datang, lalu masuk ke dalam batu ini, niscaya kemudahan akan datang dan masuk ke dalamnya, lalu mengusirnya. Dan Allah Swt. menurunkan firman-Nya: Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan". (Alam Nasyrah: 5-6).

Di kalangan pesantren, Surah Al Insyirah lazim didawamkan tiap selesai shalat fardu terutama setelah magrib dan subuh. Sebab, ada banyak keutamaan membaca surah tersebut di antaranya dilapangkan rezeki dan dihindarkan dari kesulitan.

Dalam Kitab I'anatut Thalibin juz 1 hal 246-247 disebutkan orang yang istiqomah (mendawamkan) membaca surat al-insyiroh dan surat al-fiil di dalam dua rokaat sholat sunnah fajar (qobliyah subuh) maka dihilangkan penyakit.

Menurut pendapat lain : tidak melihat keburukan hari itu. Dikatakan : tidak terkena penyakit di hari itu. Al-Ghozali dalam kitab wasailul hajat berkata: " telah sampai pada kami dari tidak hanya satu orang sholih yang memiliki hati bahwa orang yang membaca Alam Nasyrah (Al Insyirah) dalam dua roka'at fajar maka tangan setiap musuh tidak dapat menjangkaunya dan tidak ada kemampuan bagi setiap musuh atasnya. 

Kisah Nyata Keajaiban Surat Al Insyirah

Berkaitan dengan keajaiban Surat Al Insyirah sudah banyak dikisahkan para kiai dan ustaz/ustazah.

Ustaz Abdul Somad (UAS) dalam tausiahnya menjelaskan, Surat Al Insyirah dianjurkan untuk banyak dibaca baik dalam shalat fardhu maupun setelahnya.

"Banyak-banyak baca Surat Al Insyirah karena akan melapangkan dada dan kesusahan," kata UAS dikutip dari akun @ahmad_berkah, Rabu (5/6/2024).

Abuya KH Nur Hasanuddin bin Abdul Latif mengungkapkan, orang yang rutin membaca Surat Al Insyirah setelah shalat magrib akan dimudahkan dari kesulitan yang dihadapinya dan diberikan rezeki yang tak terduga.

"Ini surat luar biasa. Saya dapat ijazah bacaan Alam Nasyrah dari guru saya Syekh Alwy al Maliki," katanya dalam tausiah dikutip dari akun @amalya_lya99.

Hal sama diungkapkan Ustaz Syafaat al Mukarrom. Dia menjelaskan, Surat Al Insyirah ada banyak manfaatnya seperti dihilangkan dari kesedihan, melapangkan hati dan dimudahkan urusan, mendapat rezeki yang tidak disangka-sangka dan sarana terkabulnya doa.

Demikian ulasan mengenai kisah nyata keajaiban Surat AL Insyirah yang perlu muslim amalkan baik dalam shalat fardhu maupun untuk berdzikir setelah sholat.

Wallahu A'lam

Topik Menarik