Oknum Pemuka Agama Diduga Orasi Politik di Acara Keagamaan di Minahasa, Ini Tanggapan Bawaslu

Oknum Pemuka Agama Diduga Orasi Politik di Acara Keagamaan di Minahasa, Ini Tanggapan Bawaslu

Terkini | manado.inews.id | Minggu, 20 Oktober 2024 - 23:31
share

MINAHASA, iNewsManado.id – Video viral kembali menghebohkan netizen Sulawesi Utara. Kali ini, video tersebut muncul dalam pelaksanaan Festival Seni Pemuda Gereja (FSPG) GMIM Tahun 2024 di Wilayah Kawangkoan pada Jumat (18/10/2024).

Dalam video berdurasi 1 menit 11 detik itu, terlihat seorang diduga oknum pendeta sedang berbicara di atas panggung di hadapan ratusan peserta FSPG.

Di situ, terdengar suara oknum pendeta yang diduga cenderung berorasi politik dengan mengarahkan dukungan ke salah satu calon gubernur.
“Dari tiga calon gubernur, ada orang GMIM bacalon? Kalo cinta GMIM, sodara mo pilih dari GMIM? Sapa depe nama? Puji Tuhan,” ujar oknum pendeta inisial JS yang disambut dengan penyebutan nama salah satu calon gubernur oleh peserta kegiatan.

“Sodara-sodara torang pe GMIM yang ada maju ini wakil ketua sinode GMIM. Beri kemuliaan dulu bagi Tuhan. Puji Tuhan. Sodara-sodara, di Minahasa, Minsel di Mitra. Ada orang GMIM mencalonkan di walikota atau bupati ada? Ada? Jangan lupa buka mata kita baik-baik. Jadilah Israel masa kini untuk kemuliaan nama Tuhan,” sambung oknum tersebut diiringi tepuk tangan peserta.
Hal itu diduga merupakan sebuah pelanggaran Pemilu. Pihak Bawaslu Minahasa ketika dikonfirmasi memberikan penjelasan.
“Ini menjadi informasi awal untuk Bawaslu. Kemudian akan melakukan penelusuran terkait dengan informasi awal terhadap dugaan pelanggaran,” ujar Pimpinan Bawaslu Minahasa Arthur Karinda pada Sabtu (19/10/2024).

 

Topik Menarik