Naik Super Hercules ke Magelang, Sri Mulyani: Pesawat Tercanggih Milik TNI Dibeli dengan APBN

Naik Super Hercules ke Magelang, Sri Mulyani: Pesawat Tercanggih Milik TNI Dibeli dengan APBN

Ekonomi | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 17:20
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati membagikan momen dirinya di depan pesawat Super Hercules C-130J A-1340 milik TNI Angkatan Udara (AU) yang terparkir di Bandara Halim Perdanakusuma. Para pembantu presiden ini kompak mengenakan kemeja putih dan topi biru.

Momen yang dibagikan Sri Mulyani bersama jajaran menteri Kabinet Merah Putih itu dalam persiapan keberangkatan ke Akademi Militer Magelang via Yogyakarta untuk acara pembekalan para anggota kabinet periode 2024-2029, serta untuk menggalang kekompakan dan kebersamaan serta persatuan tim.

"Para Menteri dan Pimpinan Lembaga naik Super Hercules C-130J A-1340 pesawat baru tercanggih yang dimiliki TNI Angkatan Udara dibeli dengan APBN," tulis Sri Mulyani di Instagram pribadinya, Kamis (24/10/2024).

Selain itu, Sri Mulyani menyebut bahwa pesawat tersebut juga pernah dipakai untuk mengirimkan bantuan ke Palestina.

"Pesawat ini juga digunakan mengirim bantuan kemanusiaan ke Gaza Palestina. Bravo," kata dia.

Melansir situs resmi Kementerian Pertahanan, Pesawat C-130 J-30 Super Hercules ini dapat digunakan dalam operasi bantuan militer, sipil, dan kemanusiaan dengan desain Advanced Medium STOL Transport.

Pesawat ini memiliki panjang badan 34,6 meter, dapat mengangkut lima kru (dua pilot, navigator, mekanik penerbangan, dan loadmaster), 92 penumpang atau 64 pasukan terjun payung atau 74 alat pengangkut pasien dengan dua tenaga kesehatan, dengan berat maksimum sebesar 20 ton.

Selain itu, Pesawat C-130 J-30 Super Hercules bermesin empat kali Allison T56-A-15 Turboprops berdaya 4.700 hp.

Topik Menarik