AHY Ungkap Arah Pembangunan Infrastruktur 5 Tahun ke Depan

AHY Ungkap Arah Pembangunan Infrastruktur 5 Tahun ke Depan

Ekonomi | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:57
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan komitmen pemerintah untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur berkelanjutan serta memastikan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.

AHY menuturkan, pembangunan infrastruktur harus terintegrasi dengan baik dan tidak boleh ada ketidaksesuaian antara satu pemerintahan dengan yang lain.

"Karena itu akan mengurangi efektivitas dan efisiensi. Sebaliknya, jika terintegrasi, manfaatnya akan semakin besar bagi masyarakat," ucap AHY dalam keterangannya dikutip, Kamis (24/10/2024).

AHY turut menekankan pentingnya pemerataan, khususnya di wilayah-wilayah yang masih tertinggal, agar kesenjangan pembangunan antara daerah maju dan daerah tertinggal bisa terus berkurang.

Terkait kelanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), yang menjadi fokus utama adalah penyelesaian fasilitas legislatif dan yudikatif, seperti gedung perkantoran dan lainya. 

"IKN adalah proyek besar yang perlu terus dijalankan dengan baik. Meskipun ada penyesuaian timeline, pembangunan tetap dilanjutkan dengan prioritas pada pusat pemerintahan, terutama fasilitas legislatif dan yudikatif setelah eksekutif," tuturnya.

Sementara untuk proyek strategis nasional, AHY menyampaikan bahwa pembangunan jalan tol yang sudah mencapai ribuan kilometer akan terus dilanjutkan, dengan penghubungan jalur-jalur yang tersisa.

"Proyek-proyek jalan tol akan terus kita lanjutkan. Ribuan kilometer sudah terbangun, dan kita akan terus menghubungkan yang tersisa. Tapi bukan hanya jalan tol, feeder-feeder ke pusat produksi juga penting agar distribusi barang dan jasa lebih efisien," kata dia.

Lebih lanjut, AHY juga menyoroti pentingnya program-program padat karya yang tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, tetapi juga menyerap banyak tenaga kerja lokal. 

Dia menegaskan pentingnya program-program yang dapat langsung dirasakan masyarakat, seperti pembangunan irigasi, sanitasi, dan infrastruktur air bersih berbasis masyarakat.

"Kita fokus pada infrastruktur yang tidak hanya meningkatkan kualitas hidup, tapi juga mengatasi masalah stunting. Salah satu solusi utama adalah perbaikan infrastruktur air bersih dan sanitasi," ujarnya.

Topik Menarik