Bapanas Jamin Stok Pangan Aman hingga 3 Bulan ke Depan, Ini Datanya

Bapanas Jamin Stok Pangan Aman hingga 3 Bulan ke Depan, Ini Datanya

Ekonomi | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 13:24
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan bahwa stok pangan aman hingga 3 bulan ke depan. Hal ini berdasarkan hasil updating proyeksi neraca pangan bulan Oktober 2024.

Menurut Direktur Ketersediaan Pangan Bapanas, Indra Wijayanto secara keseluruhan stok pangan sampai dengan bulan Oktober 2024 cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam 2-3 bulan ke depan.

Ia menjelaskan bahwa terdapat kelimpahan stok daging ayam ras dan telur ayam ras yang ada pada saat ini dapat dimaksimalkan untuk mendukung program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang akan dilaksanakan oleh Badan Gizi Nasional (BGN).

"Potensi ketersediaan untuk telur ayam ras dan daging ayam ras untuk kebutuhan Makan Bergizi Gratis optimis dan proyeksi daging ayam di tahun 2025-2027 masih surplus," kata dia di Jakarta (22/10/2024).

Indra mengatakan, stok pangan bisa aman dengan catatan pelaku usaha tidak melakukan afkir dini dan tidak ada penyakit. Hal ini mengingat terdapat kenaikan produksi daging ayam ras dan telur ayam ras di bulan Oktober.

Peningkatan jumlah produksi ini disebutnya lantaran adanya penambahan produksi anak ayam/day old chicken (DOC) di bulan September sebesar 8 juta ekor. Sehingga proyeksi daging ayam ras dan telur ayam ras diperkirakan surplus sampai akhir tahun 2024.

Topik Menarik