Viral Motor Terbakar akibat Digoyang-goyang saat Isi Bensin di SPBU, Netizen: Dikira Ager-ager

Viral Motor Terbakar akibat Digoyang-goyang saat Isi Bensin di SPBU, Netizen: Dikira Ager-ager

Otomotif | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 20:07
share

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial sebuah sepeda motor terbakar akibat pengendara menggoyang-goyangkan kendaraannya saat isi bensin. Selain itu, saat mengisi bahan bakar (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pengendara itu tidak turun.

Video yang memperlihatkan peristiwa itu diunggah akun Instagram @romansasopirtruck. Video tersebut diambil dari rekaman CCTV SPBU yang disebutkan berada di Tlogomas Dinoyo, Malang, Jawa Timur.

Dalam video tersebut terlihat pemotor menggunakan motor sport berwarna putih mengisi BBM tanpa turun dari kendaraan. Pengendara tersebut menggoyang-goyangkan motornya saat diisi bahan bakar Pertalite.

Lebih membahayakan motor diisi dalam keadaan hidup. Ini terlihat dari lampu depan yang menyala. Tapi, tidak diketahui apakah mesin motor tersebut hidup atau tidak.

Saat pengisian selesai dan ingin mendorong maju motornya tiba-tiba api muncul. Hal tersebut membuat pengendara motor tersebut terkejut dan langsung membanting motornya untuk menjauh.

Tapi, hal tersebut membuat kobaran api semakin membesar dan menyambar pompa bensin di sisi kiri. Petugas SPBU bergerak cepat memadamkannya menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang disiapkan di samping pompa bahan bakar.

Beruntung api langsung padam sebelum menyambar material lain yang mudah terbakar, sehingga tidak ada kerugian besar yang dialami SPBU.

Kebakaran tersebut diduga bahan bakar dari tangki sepeda motor tumpah ke area mesin. Percikan api dari sistem kelistrikan menyambar bahan bakar.

Menanggapi kasus tersebut, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, sebenarnya menggoyangkan kendaraan saat mengisi BBM tidak diperlukan. Selain itu, saat mengisi bahan bakar, baik motor maupun mobil disarankan untuk turun dari kendaraan agar proses evakuasi lebih cepat saat terjadi kebakaran.

"Awalnya saya bingung kenapa harus turun dari motor. Tapi, setelah saya pelajari kalau terjadi ledakan atau kebakaran, kita lebih mudah evakuasinya," kata Sony.

"Dalam beberapa kasus, saat mengisi bensin tangki tiba-tiba mengeluarkan api hingga si pengendara ikut terbakar, karena tak sempat menyelamatkan diri. Jadi, prosedur ini lebih ke evakuasi jika terjadi kebakaran," ujarnya.

Atas kejadian ini berbagai komentar dilontarkan netizen. Mereka heran dengan tingkat pengendara tersebut karena mengisi bensin tak perlu digoyang.

"Di kiranya ngisi ager ager (agar-agar) ????," ujar @rifky***.

"Dia gatau sifat bahan cair?," kata @baba***.

Topik Menarik