Rebut Podium Setelah Ban Selip, Marc Marquez Ungkap Sempat Terganggu Lalat Besar

Rebut Podium Setelah Ban Selip, Marc Marquez Ungkap Sempat Terganggu Lalat Besar

Otomotif | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 18:12
share

JAKARTA, iNews.id - Mengandalkan motor lawas Ducati Desmosedici GP23, Marc Marquez berhasil mengasapi motor anyar Desmosedici GP24 yang ditunggangi Jorge Martin dan Francesco Bagnaia. Dia pun sukses menjuarai MotoGP Phillip Island, Australia.

Dalam balapan tersebut, Marc Marquez sempat mengalami masalah pada saat start. Banyak yang bingung apa sebenarnya yang terjadi. 

Usai balapan, pembalap TIm Gresini Racing ini mengungkapkan ada lalat menempel pada bagian pelapis kaca helm (tear off) sehingga terpaksa melepasnya. Tear off ini adalah lapisan plastik yang terpasang di visor helm. Pembalap secara berkala akan melepasnya untuk menjaga kejernihan visor. 

Namun saat dilepas, secara tak disengaja tear off malah jatuh ke area bawah ban belakang motor. Ini membuat motor Marc Marquez mengalami burn out, kehilangan kendali (selip) hingga turun ke posisi ke-13 saat start.

Beruntung, Marc Marquez bisa mengatasi situasi tersebut sehingga tidak terjadi insiden tidak diinginkan. Dia bahkan bisa kembali merangsek ke jajaran pembalap paling depan hingga merebut podium pertama mengasapi Francesco Bagnaia (ketiga) dan Jorge Martin (kedua). 

“Kami menjalani balapan yang luar biasa dan kami bersenang-senang. Kemenangan ini tentu saja meningkatkan rasa percaya diri dan kami perlu melanjutkan hasil seperti ini di tiga ajang terakhir," ujarnya. 

"Saya harus melepas satu bagian tear-off di awal karena ada lalat besar di atasnya yang menghalangi saya melihat apa yang ada di depan, dan kemudian Anda semua melihat apa yang terjadi," kata Marc Marquez. 

Dia menyebutkan sejak saat itu dirinya memiliki kecepatan untuk bertarung memperebutkan posisi kedua. "Saya mencobanya dan ketika saya mendekati Jorge, saya menyadari ada kemungkinan untuk menang,” ujarnya.

Rommy Averdy Saat selaku Market Development General Manager PT EMLI meemandang Marc Marquez mengawali pekan yang positif di MotoGP Australia 2024, podium ganda di sesi Sprint dan Main Race tentunya tidak mudah untuk diraih. 

"Kemenangan kali ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami. Momen diharapkan dapat terus diraih Tim Gresini Racing MotoGP hingga akhir musim, dengan kenyamanan dalam meraih," katanya.

Sementara, Alex Marquez mengalami insiden di awal start yang membuatnya harus berada di posisi belakang dan harus melakukan long lap penalty. 

“Saya ditabrak lawan di tikungan pertama dan turun ke posisi terakhir. Saya kemudian menyalip dua pembalap sebelum melakukan long-lap penalty dan kembali ke posisi terakhir sekali lagi," ujarnya. 

"Kami meraih satu poin dan kami bersemangat untuk kembali beraksi di Thailand dan Malaysia. Kami sedikit kesulitan dalam beberapa balapan terakhir dan sekarang saatnya untuk terus berusaha agar dapat menyelesaikan musim balap dengan perasaan terbaik,” katanya.

Perolehan poin di klasemen sementara MotoGP 2024, Marc Marquez kini berada di posisi ketiga dengan 345 poin, dan sementara Alex Marquez berada di posisi 12 dengan 125 poin.

Topik Menarik