Bentrokan di Adonara Flores Timur Memanas, 1 Peleton Brimob Maumere Dikerahkan

Bentrokan di Adonara Flores Timur Memanas, 1 Peleton Brimob Maumere Dikerahkan

Terkini | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:57
share

MAUMERE, iNews.id – Bentrok antarwarga Desa Ile Pati dan Desa Bugalima di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali memanas. Untuk mengatasi bentrokan tersebut, Polda NTT mengirimkan satu peleton pasukan Brimob dari Maumere untuk membantu mengamankan situasi.

Komandan Tim Batalion B Brimob Maumere, Ipda Melianus Olla mengatakan, sebanyak 25 personel Brimob telah diberangkatkan ke Adonara. Mereka akan bertugas menjaga keamanan dan mencegah terjadinya bentrok susulan.

"Perseteruan antara kedua desa ini dipicu oleh sengketa tanah adat. Akibat bentrok, puluhan rumah warga Desa Bugalima dibakar pada Senin (21/10/2024) pagi," ujar Ipda Melianus, Selasa (22/10/2024).

Dampak bentrokan ini, sebagian besar warga Desa Bugalima, terutama anak-anak dan perempuan memilih mengungsi ke desa tetangga. Sementara itu, personel Polres Flores Timur terus berjaga dan melakukan penyekatan di antara kedua desa.

Warga dari kedua desa diimbau untuk menahan diri dan tidak melakukan aksi kekerasan lagi. Saat ini, enam warga Desa Ile Pati yang terlibat dalam aksi perusakan dan pembakaran telah ditangkap.

Topik Menarik