Ahmad Ali Ingin Buka Sekolah Migas di Banggai, Siapkan SDM Lokal untuk Industri Gas

Ahmad Ali Ingin Buka Sekolah Migas di Banggai, Siapkan SDM Lokal untuk Industri Gas

Terkini | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:22
share

BANGGAI, iNews.id - Calon Gubernur Sulawesi Tengah nomor urut 1 Ahmad HM Ali menyampaikan rencananya untuk membuka sekolah kejuruan minyak dan gas Bumi (Migas) di Kabupaten Banggai. Hal itu sebagai bagian dari upayanya menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat lokal, terutama di sektor energi yang terus berkembang di daerah tersebut.

Ahmad Ali menjelaskan, Banggai memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang luar biasa. Hal ini terbukti dengan berdirinya PT Donggi Senoro LNG (DSLNG) perusahaan swasta gas alam cair yang berpusat di Desa Uso, Kecamatan Batui. 

"Dengan kehadiran perusahaan gas tersebut, peluang besar terbuka untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten di bidang gas," ujarnya di hadapan ratusan warga yang hadir dalam kampanye terbatas di Desa Gori-Gori, Kecamatan Batui Selatan, Senin (21/10/2024). 

Ahmad Ali menjelaskan, pentingnya mendirikan sekolah kejuruan, mulai dari tingkat SMK hingga diploma. Langkan ini untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal untuk bisa bekerja di industri gas. 

"Perusahaan gas di Banggai tumbuh dan kita perlu mempersiapkan tenaga kerja yang berkualitas agar anak-anak dapat diterima bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut,” katanya. 

Ahmad Ali menyoroti kekhawatiran masyarakat Banggai, terutama di Batui Selatan hanya akan menjadi penonton di tanahnya sendiri jika tidak dibekali keterampilan sesuai dengan kebutuhan industri. 

"Pemerintah harus hadir untuk memastikan masyarakat setempat tidak hanya menjadi penonton, melainkan juga pelaku utama dalam perkembangan industri," ucapnya.

Menurutnya, menjadi tanggung jawab pemerintah daerah menyiapkan tenaga kerja yang memenuhi standar perusahaan. 

"Kita tidak bisa menyalahkan perusahaan karena mereka memiliki standar tertentu, tapi pemerintah harus proaktif dalam menyiapkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan mereka," ujar Ahmad Ali.

Dalam visi Ahmad Ali, setiap investasi yang masuk ke Sulteng tidak boleh hanya menguntungkan segelintir orang, tetapi juga harus membuka lapangan pekerjaan yang luas bagi masyarakat. 

"Pikiran ini hanya bisa diwujudkan jika Bapak dan Ibu mendukung kami dalam perjuangan ini. Kami tidak punya kekuatan tanpa dukungan masyarakat Sulteng,” katanya.

Ahmad Ali menyatakan komitmennya untuk kembali ke Sulteng dan meninggalkan kenyamanannya di Jakarta demi mengabdi kepada masyarakat. 

"Insya Allah, saya kembali ke Sulteng untuk berjuang bersama masyarakat. Oleh karena itu, menangkan Ahmad HM Ali dan Abdul Karim Al Jufri pada Pilkada 27 November mendatang," ucapnya.

Topik Menarik