BNPB Ingatkan Potensi Hujan Deras saat Pilkada Serentak 27 November

BNPB Ingatkan Potensi Hujan Deras saat Pilkada Serentak 27 November

Terkini | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 01:21
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memetakan sejumlah wilayah dengan kemungkinan terjadinya bencana selama November 2024. Salah satunya hujan deras yang bisa mengganggu pelaksanaan Pilkada 27 November.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan berdasarkan data sepuluh tahun terakhir, beberapa bencana terjadi di bulan November di beberapa wilayah.

"Sumatera itu Aceh, Sumatera Utara - Sumatera Barat. Kemudian Jawa itu Jabar - Jawa Tengah - Jawa Timur. Kalimantan itu Kalimantan Selatan, kemudian Sulawesi itu Sulawesi Selatan. Ini dari sisi kejadian bencananya," katanya, Senin (21/10/2024).

Abdul menjelaskan biasanya bencana alam akan terjadi berulang setiap tahunnya. Masyaraat harus historis kejadian bencana dalam beberapa tahun belakangan, guna melakukan antisipasi.

"Yang memang secara frekuensi itu tinggi kejadian bencananya secara umum maupun nanti di bulan November," katanya.

"Kenapa harus 10 tahun terakhir? Karena 10 tahun itu kita bisa melihat seluruh fenomena. Artinya bulan November pada periode El Nino, dan bulan November pada Periode La Nina. Itu bisa kita lihat rata-rata kejadian bencana dan dampaknya dalam 10 tahun terakhir," ujarnya.

Abdul mengatakan pada dasarian III November, Indonesia sudah memasuki periode awal musim hujan.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan merilis daerah mana saja yang memiliki curah hujan tinggi selama November. Penyelenggara pilkada dapat mewaspadai genangan di tempat pemungutan suara (TPS).

"Maka yang harus kita perhatikan adalah sekali lagi BNPB akan merilis kabupaten-kota dengan tingkat kejadian bencana di bulan November," katanya.

Topik Menarik