Istana Sebut Kementerian era Pemerintahan Prabowo-Gibran Lebih Ramping, Kok Bisa?

Istana Sebut Kementerian era Pemerintahan Prabowo-Gibran Lebih Ramping, Kok Bisa?

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 20:49
share

JAKARTA, iNews.id - Istana menyebut kementerian era pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka lebih ramping. Diketahui, Prabowo pagi ini telah melantik sebanyak 48 menteri dan 5 kepala lembaga yang akan mengisi pos-pos kementerian/lembaga.

“Kan ada tujuh Menko kan? Ada banyak menko itu yang akan mengkoordinasikan. Tapi teman-teman jangan salah paham. Justru Kementerian sekarang jadi ramping,” ujar Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi saat ditanya awak media dalam keterangannya, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Hasan pun membandingkan era Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang justru organisasi kementeriannya lebih gemuk. Saat ini era Presiden Prabowo dipisah sehingga lebih ramping.

“Satu kementerian kemarin yang organisasinya gemuk, sekarang dipisah-pisah jadi ramping organisasinya. Jadi bukan kementerian gemuk, yang kementerian yang badannya besar-besar, sekarang malah dipisah-pisah jadi ramping," katanya.

Hasan juga mengatakan bahwa pejabat kementerian yang banyak merupakan konsekuensi dari pemisahan kementerian dan lembaga di era Prabowo. Menurut dia, pemisahan kementerian akan lebih efisien karena fokus dalam bekerja menyelesaikan masalah.
 
“Jadi mungkin sebetulnya bukan kabinet gemuk, tapi kabinet yang jauh lebih fokus. Jadi misalnya untuk PUPR, Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perumahan Rakyat sekarang sudah lebih fokus. Ada Kementerian Perumahan Rakyat, ada Kementerian Kehutanan sekarang lebih fokus. Nggak gemuk lagi,” pungkasnya. 

Topik Menarik