Kata Pramono soal Seskab di Bawah Mensesneg

Kata Pramono soal Seskab di Bawah Mensesneg

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 19:08
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut tiga, Pramono Anung menyebut Presiden Prabowo Subianto memiliki kewenangan menyusun kabinet. Sekretaris Kabinet (Seskab) kini di bawah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). 

"Untuk itu, saya tidak mau mencampur tangan, karena itu kewenangan sepenuhnya presiden," kata Pramono usai menyapa warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (21/10/2024).

Pramono kembali menegaskan bahwa dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo sebagai Presiden. Prabowo memiliki hak prerogatif untuk mengatur kabinet lima tahun ke depan.

"Saya hanya mendoakan mudah-mudahan kabinet yang dipimpin oleh pak Prabowo dengan menteri-menteri yang ada, sebagian besar menteri saya kenal pribadi, bisa memberikan kontribusi yang terbaik bagi bangsa dan negara," ujar mantan Seskab era Presiden Joko Widodo.

Meski Seskab tak lagi menjadi setingkat menteri, Pramono meyakini tugas-tugas yang akan diemban Seskab masih berkaitan langsung dengan urusan Presiden.

"Karena memang heavy-nya di bawah presiden dan pasti akan nempel di presiden," pungkasnya.

Sebelumnya, Mayor Inf Teddy Indra Wijaya resmi dilantik Presiden Prabowo Subianto menjadi Sekretaris Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024). Pelantikan dilaksanakan sekitar pukul 15.00 WIB bersamaan dengan pengambilan sumpah jabatan Wakil Menteri (Wamen).

Pengangkatan itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 143P tahun 2024 tentang Pengangkatan Sekretaris Kabinet. Pengangkatan Teddy Indra Wijaya sebagai Seskab terhitung sejak saat pelantikan. 

Topik Menarik