Sah! Presiden Prabowo Lantik Menteri Kabinet Merah Putih

Sah! Presiden Prabowo Lantik Menteri Kabinet Merah Putih

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 10:28
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Prabowo Subianto melantik para menteri Kabinet Merah Putih, Senin (21/10/2024). Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, dibacakan Keputusan Presiden terkait pengangkatan menteri Kabinet Merah Putih.

Setelah itu, para menteri dan pejabat setingkat menteri membacakan sumpah jabatan, dipimpin oleh Presiden Prabowo.

Berikut bunyi sumpah jabatan yang dibacakan:

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab".

Setelah itu, dilakukan penandatanganan berita acara pelantikan sebagai tanda rangkaian acara telah dilaksanakan.

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto mengumumkan susunan kabinetnya pada Minggu (20/10/2024) malam. Kabinet itu dia beri nama Kabinet Merah Putih.

Kabinet Merah Putih berisi 109 orang, terdiri atas 7 menteri koordinator, 41 menteri, 5 kepala lembaga dan 56 wakil menteri.

"Saudara-saudara sekalian, demikian telah saya umumkan para menteri dan para wakil menteri Kabinet Merah Putih," kata Prabowo di Istana, Minggu (20/10/2024).

Topik Menarik