Hasil Liga 1: Bantai Barito Putera, PSS Sleman Tinggalkan Dasar Klasemen

Hasil Liga 1: Bantai Barito Putera, PSS Sleman Tinggalkan Dasar Klasemen

Olahraga | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 17:56
share

BANTUL, iNews.id – PSS Sleman membantai Barito Putera 3-0 pada pekan ke-8 Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Sabtu (20/10/2024) sore. Hasil positif membuat tim berjuluk Elang Jawa itu meninggalkan dasar klasemen ke posisi 16 sementara dengan torehan lima poin dari delapan laga. 

PSS Sleman langsung mengambil inisiatif menyerang begitu pertandingan dimulai. Mereka pun sukses mendapatkan gol cepat pada menit delapan lewat Hokky Caraka yang menyambar umpan silang Gustavo Tocantins dengan sepakan kerasnya.

Lima menit kemudian, Super Elang Jawa menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol Cleberson. Sebuah bola liar yang dihasilkan dari tendangan bebas yang membentur pagar betis, langsung dihajarnya dengan sangat apik untuk menjebol gawang Satria Tama.

Tertinggal dua gol, Barito Putera lebih banyak menguasai bola, tetapi mereka kesulitan untuk menciptakan peluang. Baru pada menit 25, peluang berbahaya didapat Eksel Runtukahu, tetapi sepakannya masih menyamping tipis di sisi gawang lawan.

Pertandingan berjalan keras setelah itu hingga wasit mengeluarkan lima kartu kuning di babak pertama. Tiga di antaranya didapat pemain PSS karena mereka berusaha keras untuk menjegal pemain tuan rumah untuk menciptakan peluang.

Pada menit 39, Barito Putera nyaris kebobolan lagi setelah Yuswanto Aditya melakukan kesalahan kontrol bola. Danilo Alves pun langsung mencurinya dan melepaskan tendangan mendatar, tetapi malah membentur tiang gawang. Skor 2-0 untuk keunggulan PSS pun belum berubah hingga turun minum.

Laskar Antasari -julukan Barito Putera- masih terus mendominasi di awal babak kedua. Akan tetapi, rapatnya pertahanan tim tamu membuat mereka kesulitan mendapatkan peluang matang.

Terus menekan, pada menit 57, Barito Putera akhirnya mendapatkan gol lewat Lucas Morelatto setelah terjadi kemelut di gawang PSS. Namun sayang, gol tersebut dianulir wasit setelah melihat tayangan VAR karena Morelatto berada dalam posisi offside sebelum menceploskan bola ke dalam gawang.

Keasyikan menyerang, tim tuan rumah malah kebobolan lagi pada menit 60. Kali ini, Hokky Caraka berhasil memanfaatkan kesalahan umpan di lini pertahanan lawan sebelum kemudian memberikan umpan tarik pada Gustavo Tocantins, yang dengan mudah menjebol gawang lawan untuk membuat PSS menjauh dengan keunggulan 3-0.

Pada menit 75, Barito Putera hampir memecah kebuntuan lewat tendangan jarak jauh Morelatto yang sudah membuat Alan Jose tertegun, tetapi bola melenceng tipis ke sisi kiri gawang. Tim asuhan Rahmad Darmawan itu benar-benar mengurung pertahanan tim tamu.

Pada menit 90+3, Barito Putera akhirnya mendapat gol hiburan lewat tandukan Alhaji Gero yang menyambut umpan manis Murilo Mendes. Namun, lagi-lagi gol itu dianulir karena Murilo offside sebelum mengirim crossing. Skor 3-0 untuk kemenangan PSS pun bertahan hingga laga usai.

Berikut adalah susunan pemain Barito Putera vs PSS Sleman:

BARITO (4-3-3): Satria Tama; Aditya Daffa, Lucao, Yuswanto Aditya, Chi-Sung Moon; Chechu Meneses, Lucas Morelatto, Levy Mandinda; Rizky Pora, Murilo Mendes, Eksel Runtukahu.

Cadangan: Tegar Infantrie Sukamto, Alhaji Gero, Youssef Ezzejjari, Nazar Nurzaidin, Ferdiansyah, Natanael Siringoringo, Amiruddin Bagus Kahfi, Novan Sasongko, Buyung Ismu Lessy, Iqbal Gwijangge, Wawan Hendrawan, Muhamad Firly.

PSS (4-3-3): Alan Jose Bernardon; Dominikus Dion, Fachruddin Aryanto, Cleberson, Kevin Gomes; Ifan Nanda Pratama, Betinho, Moon Chang-Jin; Hokky Caraka, Gustavo Tocantins, Danilo Alves.

Cadangan: Achmad Figo, Ricky Cawor, Diop Qamu Rezin, Achmad Zidan Arrosyid, Gilang Oktavana Putra, Irkham Zahrul Mila, Safaat Arif Alan Romadhona, Ega Rizky Parama, Relosa Rivan Satria Hutama.

Topik Menarik