Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran, Para Kepala Negara-Pemerintahan Tiba di Jakarta

Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran, Para Kepala Negara-Pemerintahan Tiba di Jakarta

Terkini | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 03:05
share

JAKARTA, iNews.id - Para perwakilan dari berbagai negara, yakni kepala negara, kepala pemerintahan, maupun utusan serta pejabat lainnya, tiba di Jakarta sejak Jumat (18/10/2024), untuk mengikuti pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Pelantikan akan digelar Minggu (20/10/2024) pagi di gedung parlemen, Senayan.

Berdasarkan pantauan dari akun YouTube Sekretariat Presiden, satu per satu perwakilan telah tiba di Jakarta sejak Jumat.

Jerman mengutus mantan presiden Christian Wulff sekaligus menjadi perwakilan pertama yang tiba di Jakarta, yakni pada Jumat. Wulff disambut Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono Lanud Halim Perdanakusuma.

Disusul kemudian Wakil Perdana Menteri (PM) Rusia Denis Manturov yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu pagi. Manturov disambut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga.

Sejumlah pejabat yang tiba setelah Manturov adalah Wakil Presiden Laos Pany Yathotou dan Wakil Presiden Vietnam Vo Thi Anh Xuan. Keduanya disambut oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Wakil Perdana Menteri Qatar Khalid bin Mohamed Al Attiyah tiba di Jakarta melalui Lanud Halim Perdanakusuma yang disambut oleh Menteri Investasi Rosan Roeslani.

Tampak pula Utusan Khusus Presiden Uni Emirat Arab Nahayan Mabarak yang tiba di Bandara Soekerno Hatta. Setelah itu giliran Wakil PM Thailand dan yang tiba pada Sabtu sore.

Kemudian pada Sabtu malam PM Kepulauan Solomon Jeremiah Manele tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, disambut oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Para pejabat dari negara tetangga seperti Sultan Brunei Darussalam, PM Malaysia, PM Papua Nugini, Wakil PM Australia, dan PM Timor Leste, juga telah tiba.

PM Kamboja, Wakil Presiden China, PM Korea Selatan, dan Wakil PM Selandia Baru juga telah tiba untuk menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran.

Sebelumnya Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, ada 20 kepala negara dan pemerintahan yang hadir, 13 utusan khusus kepala negara, serta satu utusan khusus PBB, sehingga totalnya menjadi 34.

Berikut data lengkap negara yang mengirim utusan ke pelantikan Prabowo-Gibran:

1. Brunei Darussalam
2. Filipina
3. Kamboja
4. Korea Selatan
5. Malaysia
6. Papua Nugini
7. Serbia
8. Singapura
9. Kepulauan Solomon
10. Timor Leste
11. Vanuatu
12. China
13. Laos
14. Vietnam
15. Rusia
16. Qatar
17. Australia
18. Selandia Baru
19. Thailand
20. Jerman
21. Mesir
22. Turki
23. Arab Saudi
24. Uni Emirat Arab
25. Inggris
26. Amerika Serikat
27. India
28. Yordania
29. Jepang
30. Italia
31. Kanada
32. Prancis
33. Muslim Council of Elders
34. Brasil
35. Fiji

Topik Menarik