Heboh! Ratusan Anak Terpapar Cacar Air, Siswa SMP Negeri 8 Tangsel Belajar Online

Heboh! Ratusan Anak Terpapar Cacar Air, Siswa SMP Negeri 8 Tangsel Belajar Online

Terkini | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 15:58
share

TANGSEL, iNews.id - Ratusan siswa SMP Negeri 8, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel) terpapar cacar air dan gondongan. Sekolah menghentikan sementara kegiatan di kelas dan mengganti dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring.

Data terbaru pada Jumat (18/10/24), jumlah yang terpapar telah menurun dari 102 siswa menjadi 73 siswa. Namun PJJ terus akan dilakukan hingga tanggal 31 Oktober 2024.

"PJJ dimulai dari tanggal 17 Oktober sampai 31 Oktober," kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel, Dedi.

Cacar air yang menimpa siswa SMPN 8 itu mulai dilaporkan pada 11 Oktober 2024. Jumlah yang terpapar pun terus bertambah tiap minggu dengan sebaran hampir merata baik kelas 7, 8 dan kelas 9.

"Pihak sekolah sudah berkordinasi dengan dinas kesehatan melalui Puskesmas setempat untuk penanganannya," paparnya.

Beberapa imbauan mulai disosialisasikan kepada seluruh orang tua murid, di antaranya soal standar protokol kesehatan, hingga melarang siswa yang demam masuk sekolah.

"Kita masih terus memantau perkembangannya. Kalau untuk penanganan dan antisipasi sudah kita lakukan seperti penyemprotan cairan disinfektan di tiap ruangan kelas," tuturnya.

Cacar air, atau varicella, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Penyakit ini ditandai dengan munculnya ruam kulit berupa bintik-bintik merah kecil yang kemudian berubah menjadi lepuhan berisi cairan dan terasa gatal. Cacar air biasanya dimulai di wajah, dada, atau punggung, dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

Cacar air paling sering terjadi pada anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa terinfeksi jika belum pernah terkena atau divaksinasi. Gejala lain yang menyertai cacar air dapat berupa demam, kelelahan, sakit kepala, dan hilangnya nafsu makan.

Topik Menarik