Berkat Program Kestabilan Internet Pemerintah, UMKM di Klaten Bangkit dari Keterpurukan Covid-19

Berkat Program Kestabilan Internet Pemerintah, UMKM di Klaten Bangkit dari Keterpurukan Covid-19

Ekonomi | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 09:00
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah terus berupaya melakukan transformasi digital melalui program kestabilan internet. Upaya ini pun membantu para pelaku UMKM berkembang usai pandemi Covid-19.

Hal ini seperti yang dirasakan oleh pelaku UMKM Roemah Batik di Klaten, Jawa Tengah bernama Vira Natalia. Ia mengatakan penjualannya meningkat pesat setelah menggunakan sistem online dan live sepanjang hari untuk berjualan.

Vira mengaku berjualan online menggunakan tiga akun untuk mendulang rupiah. Bahkan, penjualannya tak hanya bertumpu di Klaten, tetapi hingga mancanegara.

"Jadi live shopping memperkenalkan kami dengan customer kami di luar Klaten. Bahkan, di luar negeri juga jadi dengan live shopping kita bisa interaksi dengan konsumen," ujar Vira kepada iNews.id.

"Jaringan internet ini sangat membantu bahkan sampai hari ini kami masih live shopping dan jadi habit cara berbelanja baru," tuturnya.

Lebih lanjut, Vira menjelaskan hal ini turut mendukung para pengrajin daerah. Bagaimana tidak, mereka bisa turut serta memasarkan produk batik buatannya secara online melalui live shopping.

Hal ini juga diamini oleh para pembeli yang mengaku terbantukan dengan adanya live shopping berkat kestabilan internet bernama Anita Ratna. Ia menjelaskan kegiatan berbelanja menjadi lebih cepat dan mudah karena cukup menonton online.

"Menurut saya cukup menarik pembelian online, karena kita di rumah saja. Barang sudah sampai jadi kita cuma live dan content creator sekarang juga sudah menarik ya, jadi misal dari rumah pulang kerja bisa lihat live produk kita check out dan sampai rumah, lebih simple," katanya.

Senada dengan itu, Enlin juga mengaku adanya live shopping bisa membawa sisi positif karena pembeli bisa melihat kelebihan dan kekurangan produk melalui layar ponselnya. Apalagi, barang akan tiba di rumah dalam waktu yang cepat.

"Sisi positif, produk ini barang yang dipesan sesuai dan cukup variatif dengan model-model seperti kaum muda, dan penyampain menarik dan barang cepat sampai," ujar Enlin.

Topik Menarik