Viral Aksi Perampok Bersajam Terekam CCTV Bobol Rumah Warga di Malang

Viral Aksi Perampok Bersajam Terekam CCTV Bobol Rumah Warga di Malang

Terkini | inews | Selasa, 15 Oktober 2024 - 12:45
share

MALANG, iNews.id - Aksi perampokan rumah di Malang viral di media sosial (medsos). Pelaku beraksi seorang diri dengan membawa senjata tajam (sajam) membobol rumah warga di Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Perampokan ini terjadi saat penghuni sedang tidak ada di rumah. Terlihat dalam video berdurasi 53 detik tersebut terduga pelaku mengenakan penutup kepala dan membawa sajam jenis celurit. Dia terlihat masuk ke dalam rumah sambil mengendap-endap.

Dalam aksinya, perampok bersenjata tajam ini menggasak beberapa barang berharga milik pemilik rumah. Terlihat dia leluasa melakukan aksinya kendati pencahayaan di tempat kejadian perkara (TKP) begitu minim.

Kasi Humas Polres Malang AKP Ponsen Dadang Martianto mengatakan, polisi telah mendatangi rumah korban untuk olah TKP dan mengumpulkan berbagai bukti yang diperlukan dalam penyelidikan.

“Betul, terkait kejadian pencurian di Kecamatan Tumpang, anggota sudah turun ke TKP melakukan penyelidikan,” ujar Ponsen Dadang, Selasa (15/10/2024).

Peristiwa ini menimpa rumah pasangan suami istri (Pasutri) muda berinisial HR (31) dan MS (30). Saat kejadian berlangsung di Jalan Dompyong, Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, keduanya sedang berada di luar kota sehingga rumah ditinggalkan dalam keadaan kosong.

"Peristiwa ini terungkap ketika salah satu anggota keluarga terbangun pada pukul 04.00 WIB hendak salat subuh dan melihat pintu belakang rumah dalam keadaan terbuka. Curiga terjadi sesuatu, salah satu keluarga segera menghubungi HR dan MS untuk memberitahukan hal tersebut," katanya.

Setelah memeriksa kondisi rumah, diketahui sejumlah barang telah raib, termasuk satu karung beras ketan seberat 10 kilogram, uang tunai Rp500.000, puluhan bungkus rokok berbagai merek dan sebilah senjata tajam jenis pedang. Pelaku diduga masuk ke dalam rumah dengan cara mencongkel jendela ruang tamu, kemudian mengambil barang yang ada dalam rumah lalu keluar melalui pintu belakang.

"Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sekitar Rp1,5 juta," ucapnya.

Pihaknya masih melakukan penyelidikan dan mengungkap identitas terduga pelaku meski secara resmi korban belum melapor ke Polsek Tumpang atau Polres Malang. Namun polisi akan memburu pelaku berbekal rekaman CCTV yang ada.

“Korban tidak bersedia melapor, namun kami tetap berkomitmen untuk menindak tegas segala bentuk kejahatan yang meresahkan masyarakat,” ucapnya.

Topik Menarik