Soroti Potensi Daerah Wisata, Rohmi Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Lokal

Soroti Potensi Daerah Wisata, Rohmi Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Lokal

Terkini | inews | Selasa, 15 Oktober 2024 - 09:16
share

LOMBOK TENGAH, iNews.id - Calon Gubernur NTB Dr Sitti Rohmi Djalilah, yang akrab disapa Rohmi menyoroti besarnya potensi pariwisata di daerah Lombok Tengah bagian selatan. Daerah Ini merupakan salah satu aset penting yang perlu dioptimalkan.

Rohmi menggarisbawahi pentingnya putra-putri daerah untuk mampu bersaing dan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang ada di wilayah tersebut.

"Ladang pekerjaan utama di daerah ini adalah pariwisata, terutama di wilayah selatan. Lihatlah keindahan tempat ini. Jika kita perhatikan, ini adalah surga dunia ditambah dengan infrastruktur internasional yang sudah tersedia, seperti Sirkuit Mandalika dan bandara internasional," ujarnya, Senin (14/10/2024).

Rohmi menekankan kemajuan pariwisata tidak hanya diukur dari keindahan alam dan pembangunan infrastruktur. Yang terpenting, sejauh mana masyarakat setempat dapat merasakan manfaat langsung dari perkembangan sektor pariwisata tersebut.

"Sebab itu ke depannya, kita akan memberdayakan sumber daya manusia kita. Putra-putri daerah kita harus mampu mengambil peran inti dalam ajang-ajang internasional yang ada. Organisasi-organisasi yang berfokus pada pariwisata akan kita tingkatkan betul kerjasamanya, seperti Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB dan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita NTB). Ini harus menjadi mitra utama pemerintah," kata Rohmi.

Calon Gubernur NTB Dr Siti Rohmi Djalilah berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. (Foto: Ist)
Calon Gubernur NTB Dr Sitti Rohmi Djalilah berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. (Foto: Ist)

Selain itu, beberapa asosiasi pelaku wisata di NTB lainnya yang akan diperkuat kerja samanya yakni Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) NTB, Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) NTB, dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) NTB.

"Tapi yang paling utama adalah bagaimana masyarakat lokal bisa mendapatkan manfaat dari sektor pariwisata ini. Masyarakat harus bisa merasakan dampak positif dari kemajuan," ujarnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Rohmi menegaskan pentingnya pendidikan, kesehatan dan kerja sama antara masyarakat serta pemerintah.

"Kita akan dorong anak-anak kita supaya mampu bersaing. Kita sudah punya kampus pariwisata negeri, Poltekpar Lombok, sebagai tempat kita menyiapkan sumber daya manusia NTB yang berdaya saing. Ini yang akan menjadi perhatian khusus. Mahasiswanya, alumni-alumninya harus menjadi garda terdepan untuk kemajuan pariwisata di NTB," ucapnya.

Menurutnya, potensi luar biasa yang dimiliki Lombok ini tidak akan ada artinya jika masyarakat tidak dapat menikmati manfaatnya secara langsung. Sebab itu, dia berjanji akan memperjuangkan kebijakan yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat lokal.

Topik Menarik