Panen Raya Bareng Milenial, Mentan Targetkan Merauke jadi Pusat Pertanian Modern

Panen Raya Bareng Milenial, Mentan Targetkan Merauke jadi Pusat Pertanian Modern

Terkini | inews | Senin, 14 Oktober 2024 - 16:33
share

MERAUKE, iNews.id - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan panen raya bersama petani milenial di Kampung Telaga Sari, Merauke, Papua Selatan, Senin (14/10/2024). Amran menyebut kaum milenial memiliki potensi besar untuk membawa inovasi dalam pertanian.

Amran menyebutkan, terdapat tiga instrumen untuk menggerakkan perekonomian menuju Indonesia Emas yakni, kaum milenial produktif, sumber daya lahan dan penggunaan teknologi dalam proses produksi pertanian agar mereka dapat berkontribusi secara aktif dan kreatif. 

“Dalam pengelolaan sumber daya lahan secara berkelanjutan dengan pembentukan brigade dari kaum milenial untuk mengelola lahan yakni satu brigade dengan 15 orang milenial untuk mengelola lahan 200 hektare yang dilengkapi alsintan dan penunjang lainnya,” katanya.

Dia mengungkapkan, pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp68 triliun untuk pertanian. Penggunaan teknologi modern menjadi kunci untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian di Merauke yang menjadi pusat pertanian termodern di dunia, sehingga akan sejajar dengan negara lainya penghasil beras.

Menurut Amran, target perbulan petani milenial di Merauke 30-70  persen yakni, 70 persen merupakan hasil yang didapat oleh para petani milenial dan hasil 30 persen dari pemilik lahan dengan pendapatan Rp10-20 juta di atas gaji menteri.

Topik Menarik