Iron Dome Keok Ditembus Iran, AS Kirim Rudal THAAD ke Israel

Iron Dome Keok Ditembus Iran, AS Kirim Rudal THAAD ke Israel

Terkini | inews | Senin, 14 Oktober 2024 - 12:39
share

WASHINGTON, iNews.id - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) mengerahkan personel militer dan rudal untuk menghadapi serangan Iran. Sekitar 200 rudal diluncurkan Iran ke Israel pada 1 Oktober lalu, menghantam pangkalan udara dan markas besar badan intelijen Mossad.

“Atas arahan Presiden, Menteri (Pertahanan Lloyd) Austin menyetujui pengerahan baterai Terminal High-Altitude Area Defense (THAAD) dan personel militer ke Israel untuk membantu memperkuat pertahanan udara Israel," kata Juru Bicara Pentagon Pat Ryder, dikutip dari Anadolu, Senin (14/9/2024).

Keputusan itu diambil setelah dua serangan Iran terhadap Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya, yakni pada 13 April dan 1 Oktober. Serangan pada 13 April dilakukan dengan sekitar 220 rudal dan drone untuk membalas serangan Israel terhadap kantor misi diplomatik Iran di Damaskus, Suriah, yang menewaskan beberapa perwira Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).

Serangkan serangan ke Israel pada 1 April menggunakan sekitar 200 rudal sebagai pembalasan atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah.

Ryder menambahkan, THAAD akan melengkapi sistem pertahanan udara terpadu Israel dari yang sudah ada seperti Iron Dome, David's Sling, dan Arrow.

"Ini adalah bagian dari penyesuaian lebih luas yang telah dilakukan militer AS dalam beberapa bulan terakhir, untuk mendukung pertahanan Israel serta melindungi warga AS dari serangan Iran dan milisi yang berpihak pada Iran," ujarnya.

Ini bukan pertama kali AS mengerahkan sistem pertahanan THAAD ke Timur Tengah. AS juga mengerahkan THAAD tahun lalu setelah serangan 7 Oktober dengan tujuan melindungi pasukan AS di kawasan.

Sebelum itu AS juga mengirim THAAD ke Israel pada 2019 untuk pelatihan dan latihan pertahanan udara terpadu.

Topik Menarik