Ini Makna Wa Amma Bini'mati Robbika Fahaddits Dalam Surat Ad Dhuha Ayat 11

Ini Makna Wa Amma Bini'mati Robbika Fahaddits Dalam Surat Ad Dhuha Ayat 11

Terkini | inews | Minggu, 13 Oktober 2024 - 16:54
share

JAKARTA, iNews.id - Makna wa amma bini'mati robbika fahaddits dalam Surat Ad Dhuha ayat 11 menarik diselami karena penuh hikmah dan keutamaan. 

Surat Ad Dhuha masuk dalam golongan surat Makkiyah karena diturunkan di perideo Mekkah sebelum Nabi SAW hijrah ke Madinah. Surat Ad Dhuha berjumlah 11 ayat dan surat ke 93 dalam Al Quran. Surat ini diambil dari ayat pertama yakni Ad Dhuha yang artinya Waktu Matahari Sepenggalahan Naik.

Surat Ad Dhuha ayat 11

وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Latin: Wa amma bini'mati robbika fahaddits

Artinya: Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur). (Adh-Dhuha: 11).

Makna Wa Amma Bini'mati Robbika Fahaddits

Dalam tafsir Ibnu Katsir diterangkan makna ayat tersebut yakni sebagaimana engkau (Nabi Muhammad SAW) dahulu orang yang kekurangan lagi banyak tanggungannya. Lalu Allah menjadikanmu (Muhammad) berkecukupan, maka syukurilah nikmat Allah yang diberikan kepadamu itu. 

Mujahid mengatakan bahwa nikmat yang dimaksud dalam ayat ini adalah kenabian yang telah diberikan oleh Allah Swt. kepada Nabi-Nya. Yakni syukurilah kenabian yang telah diberikan Tuhanmu kepadamu. Menurut riwayat yang lain, nikmat yang dimaksud adalah Al-Qur'an.

Muhammad ibnu Ishaq melanjutkan, bahwa lalu Rasulullah Saw menceritakan karunia kenabian yang telah diterima olehnya itu kepada orang-orang yang telah beliau percayai dari kalangan keluarganya secara diam-diam. Lalu difardukanlah ibadah salat kepadanya, maka beliau mengerjakannya.

Hal Ini sebagaimana yang disebutkan dalam doa yang di-ma’sur dari Nabi Saw seperti berikut: 

وَاجْعَلْنَا شَاكِرِينَ لِنِعْمَتِكَ مُثِنِينَ بِهَا عَلَيْكَ قابليها وأتمها علينا

Artinya: Dan jadikanlah kami orang-orang yang mensyukuri nikmat-Mu dan memanjatkan pujian kepada-Mu karenanya serta menerimanya, dan sempurnakanlah nikmat itu kepada kami.

Di dalam kitab Sahihain disebutkan dari Anas, bahwa Kaum Muhajirin bertanya, "Wahai Rasulullah, orang-orang Ansar telah memborong semua pahala." Maka Nabi Saw. menjawab:
لَا مَا دَعَوْتُمُ اللَّهَ لَهُمْ وَأَثْنَيْتُمْ عَلَيْهِمْ

Artinya: Tidak, selama kalian mendoakan mereka kepada Allah dan memuji sikap baik mereka

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "لَا يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لَا يَشْكُرُ النَّاسَ"

Dari Abu Hurairah, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Tidaklah bersyukur kepada Allah orang yang tidak berterima kasih kepada (kebaikan) orang lain. (HR. Imam Turmuzi).

Dalam hadits lain disebutkan berkenaan dengaan ayat tersebut.

عَنْ جَابِرٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "مَنْ أُبْلِي بَلَاءً فَذَكَرَهُ فَقَدْ شَكَرَهُ، وَإِنْ كَتَمَهُ فَقَدْ كَفَرَهُ"
Dari Jabir, bahwa Nabi Saw telah bersabda: Barang siapa yang mendapat suatu cobaan (yang baik), lalu ia menyebutnya, berarti dia telah mensyukurinya; dan barang siapa yang menyembunyikannya, berarti dia telah mengingkarinya. (HR. Imam Abu Daud).

Demikianlah penjelasan makna Wa Amma Bini'mati Robbika fahaddits dalam Surat Ad Dhuha ayat 11 dan tafsirnya.

Wallahu A'lam

Topik Menarik