IKN Jadi Simbol Pemerataan Pembangunan dan Transformasi Struktural Indonesia

IKN Jadi Simbol Pemerataan Pembangunan dan Transformasi Struktural Indonesia

Terkini | inews | Minggu, 13 Oktober 2024 - 15:53
share

JAKARTA, iNews.id - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur akan menjadi transformasi struktural Indonesia. Dengan adanya pembangunan ibu kota baru, akan diikuti dengan pembaruan struktur.

IKN nantinya juga akan menjadi magnet pertumbuhan ekonomi, salah satunya agar ekonomi tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa.

Selain itu, IKN juga akan menjadi simbol identitas bangsa, green economy, green energy, smart transportation, dan tata kelola pemerintahan yang efesien dan efektif sebagai milestone transformasi besar Indonesia.

Tenaga Ahli Utama Kantor Komunikasi Kepresidenan, Prita Laura, menuturkan, transformasi struktural Indonesia bertujuan membangun tata kehidupan yang lebih baik.

"Tujuannya apa? tujuannya untuk Indonesia yang makin kompetitif, untuk kehidupan sosial yang lebih adil, itu lah sebenarnya visi dari Presiden Jokowi untuk pembangunan IKN dan kita akan melihat showcase transformasi ke depannya, bagaimana IKN dibangun dengan konsep green city," ucap Prita.

Dengan konsep green city, Prita menyebut hal ini juga menjadi wajah baru ibu kota negara dari DKI Jakarta yang memiliki predikat dengan kota terpolusi.

"Dengan wajah baru Ibu Kota Nusantara kita akan mempunyai sebuah konsep ibu kota yang ramah lingkungan, yang memberikan kehidupan kualitas lebih baik, di mana ruang terbuka hijau dibangun lebih banyak," tuturnya.

Sementara, Pengamat Infrastruktur dan Tata Kota, Yayat Supriatna menyebut pembangunan IKN sekaligus mengubah orientasi dari Jakarta Sentris ke Indonesia Sentris. 

"Jadi, pembangunan tidak hanya dipusatkan di Jawa dan Jakarta, tetapi pada konteks Indonesia Sentris yaitu memusatkan pertumbuhan baru di wilayah luar Pulau Jawa," kata Yayat

Selain itu, pembangunan IKN sekaligus menandakan pembangunan kultur baru yang dimulai dari infrastruktur hingga perubahan pola pergerakan kota.

"Contohnya, IKN itu punya KPI, key performance indikator. KPI adalah standar kota untuk mempunyai standar tumbuh kembang, salah satunya ten minutes, kota 10 menit, itu menggambarkan kota yang akan mengedepankan berjalan kaki, kota yang nanti 80 persennya menggunakan public transport," tuturnya.

"Artinya apa? konsep green city dan green transport masuk di dalamnya. Desain apa yang digunakan dalam mewujudkan 80 persen public transport? Kemudian, mengharmonikan dalam memudahkan mobilitas, dengan itu kita bisa mengurangi emisi gas rumah kaca," ujarnya.

Topik Menarik