Pria asal Bali Sukses Budi Daya Kadal Buaya, Sepasang Dibanderol Rp80 Juta

Pria asal Bali Sukses Budi Daya Kadal Buaya, Sepasang Dibanderol Rp80 Juta

Terkini | inews | Minggu, 13 Oktober 2024 - 11:25
share

DENPASAR, iNews.id - Pria asal Bali, Damar Riyadi sukses membudidayakan caiman lizard atau kadal buaya yang harga satu pasangnya bisa mencapai Rp80 juta. Bentuk kadal yang unik ini bersisik mirip buaya, hanya saja ukurannya lebih kecil.

Hewan semi akuatik dengan postur eksotis ini banyak diburu para penggemar reptil. Untuk hewan anakan yang berasal dari Amerika Selatan (AS) ini dibanderol Rp10 juta hingga Rp12 juta.

Adapun perawatan kadal buaya relatif sangat mudah, di mana hewan ini makan dua hingga tiga kali sehari, di mana makanan aslinya keong dan bisa juga diberikan potongan ikan kecil. 

Selain itu, untuk kandangnya cukup berisi air dan tambahan ornamen seperti kayu kering dan batu untuk bertengger dan berjemur 

"Postur tubuhnya kalau kita tutupin kepalanya aja sudah pasti mirip buaya, dan cara hidupnya dia mirip buaya, semi akuatik," kata Damar.

Untuk pemasarannya, reptil ini tidak hanya dijual untuk penghobi reptil di Tanah Air, melainkan juga dikirim ke luar negeri seperti Thailand dan Filipina.

Topik Menarik