Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat 91 Poin ke Rp15.586 per Dolar AS

Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat 91 Poin ke Rp15.586 per Dolar AS

Ekonomi | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 15:41
share

JAKARTA, iNews.id - Nilai tukar rupiah ditutup menguat terhadap dolar AS pada perdagangan hari ini, Jumat (11/10/2024). Rupiah naik 91 poin atau 0,58 persen ke level Rp15.586 per dolar AS dari sebelumnya di Rp15.677 per dolar AS.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah sempat dibuka menguat 22 poin atau 0,14 persen ke level Rp15.655 per dolar AS. Kenaikan mata uang rupiah bersama mata uang Asia lainnya seperti won Korea Selatan, peso Filipina dan dolar Taiwan.

Pengamat pasar uang Ibrahim Assuaibi menuturkan, sebelumnya pada perdagangan pekan ini rupiah diprediksi akan ditutup melemah pada rentang Rp15.610-Rp15.730 per dolar AS.

Menurut Ibrahim, sejumlah sentimen yang membayangi gerak rupiah pada perdagangan hari ini berasal dari global khususnya Amerika Serikat (AS).

"Kalender data AS yang sedikit minggu ini memberikan jeda setelah laporan pekerjaan yang kuat Jumat lalu menyebabkan dolar menguat dan membuat pasar meredam skala penurunan suku bunga yang diharapkan," ujar Ibrahim.

Meski begitu, terdapat sejumlah sentimen yang memengaruhi fluktuasi rupiah. Dari luar negeri, data ketenagakerjaan AS yang kuat menyebabkan dolar AS menguat. Selain itu, membuat pasar meredam skala penurunan suku bunga yang diharapkan.

Investor juga tetap fokus pada China setelah hari yang bergejolak di pasar China dan Hong Kong. Pemerintah China sendiri optimistis akan mencapai target pertumbuhan setahun penuh, tetapi menahan diri untuk tidak memperkenalkan langkah-langkah fiskal yang lebih kuat.

Topik Menarik