Jokowi soal Susunan Kabinet Prabowo: Tunggu Saja Hari Senin, Jangan Tanya Saya

Jokowi soal Susunan Kabinet Prabowo: Tunggu Saja Hari Senin, Jangan Tanya Saya

Berita Utama | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 15:15
share

PENAJAM PASER, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak mau berbicara banyak soal susunan Kabinet Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Dia mengajak publik menanti komposisi kabinet yang rencananya diumumkan dan dilantik pada Senin (21/10/2024) mendatang.

"Nanti tunggu saja hari Senin, Seminggu lagi, menteri-menterinya akan dilantik," kata Jokowi saat menghadiri CEO Forum di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (11/10/2024).

Dia meminta publik bertanya kepada Ketua MPR sekaligus Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani terkait perincian susunan kabinet Prabowo. Dirinya enggan berbicara banyak lantaran tak mau dianggap mengintervensi penyusunan kabinet.

"Kalau mau tau menterinya siapa-siapa tanya ke Pak Ahmad Muzani, jangan tanya ke saya yang berkaitan dengan itu karena orang akan langsung negativisme tadi, saya ikut-ikut, intervensi, ndak," tutur dia.

Dia menegaskan presiden memiliki hak prerogatif. Dirinya pun tidak pernah mau diintervensi terkait hal itu.

Sehingga, dia enggan ikut campur terkait kabinet Prabowo ke depan.

"Saya pun juga tidak pernah mau diintervensi untuk urusan hak prerogatif. Jadi sama, saya tidak mau ikut-ikutan, tapi kalau ditanya ya saya jawab. Kalau ditanya, kalau gak ditanya saya gak akan jawab," kata dia.

Topik Menarik